Wednesday 3 September 2014

Motherboard Intel Atom D2500HN.

Dalam memenuhi kebutuhan penggunaan Komputasi pada level dasar atau pemula tentunya hanya diperlukan perangkat keras yang berada pada level dasar atau new Entry tersebut.
Pengerjaan komputasi tingkat dasar seperti penggunaan beberapa software kantoran dan tuntutan koneksi internet menjadi kebutuhan awal pada penggunaan komputer masa kini.
Penggunaan perangkat keras atau hardware pada level dasar ini tentu saja akan berbeda dengan penggunaan hardware dilevel-level Enthusiast atau pun Profesional .
Menyikapi hal tersebut tentu saja para produsen hardware seperti Intel menyediakan beberapa pilihan yang dapat digunakan pada level dasar atau new entry tersebut ,salah satunya dengan menyediakan beberapa motherboard dengan processor yang sudah ter-integrasi atau tertanam dalam board/papan tersebut.

Motherboard Intel Atom D2500HN menjadi salah satu motherboard intel yang dapat digunakan pada konsumen atau penggunaan level dasar tersebut.
Dengan menggunakan  Intel ® Atom ™D2500 dan Intel NM10 Express Chipset sebagai kekuatan utama dimotherboard tersebut serta penggunaan port jaringan /Lan 10/100/1000 sebagai koneksinya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi pengguna dilevel new Entry.

Dan berikut ini beberapa keterangan tentang motherboard Intel Atom D2500HN.

*Specifikasi.







*Physical motherboard Intel D2500HN.

-Open Hsf.


        
-Features.




 

  
*Short Personal test.

Sebelum dengan beberapa hasil test singkat dari kinerja motherboard Intel Atom D2500HN,berikut ini specikasi minimum yang saya gunakan:
-Motherboard Intel D2500HN.
+ Bios version :0076.
+Processor Intel Atom D2500 @ 1,8GHz. (Onboard/Include).
+Graphics Intel Gma 3600 (integrated on processor Intel Atom D2500).
-Memory Sodimm 2GB 1333 1keping.
-Harddisk WDC 320GB 2,5"Inch.
-Windows 7 ultimate Sp1 64bit.
+AHCI Sata Controller.
-Adaptor (include on packaging).
-Lcd monitor 17"Inch.
+Resolusi test 1440 x 900.
-Dan lain sebagainya.

Dan berikut ini Validasi online specifikasi minimum yang saya pergunakan pada Short Personal test kali ini:

-Specifikasi Personal test.

-Valid :http://valid.x86.fr/u0freh

Dan beberapa test singkat untuk mengetahui kinerja dari motherboard Intel Atom D2500HN diantaranya adalah:
-SuperPi.
-WinRar.
-Excel 2010.
-3dmark06.
-Pcmark04.

Selain dengan hasil kinerja dari motherboard Intel Atom D2500HN ,saya akan melampirkan kinerja dari beberapa hasil Personal test lainnya namun dengan specifikasi dan level yang sama.
Dimana untuk kinerja beberapa motherboard pembanding tersebut telah saya Share terlebih dahulu ditempat yang berbeda : http://seniorfarhan.blogspot.com/2014/08/test-singkat-beberapa-foxconn-nanopc.html

Dan berikut ini beberapa hasil test singkat tersebut.

-SuperPi.








































-SuperPi Chart performance.

 
-WinRar.
























-WinRar chart Performance.




      
-Excell 2010.









































-Excell 2010 chart performance.




           
-3DMark06.
















-3dmark06 chart performance.


-PCMark04.



















-Pcmark04 chart performance.

                    
*Explanation and Summary Personal test.

Secara umum untuk kinerja motherboard Intel Atom D2500HN ini memiliki persamaan dengan beberapa kinerja motherboard perbandingan yang saya sertakan terkecuali untuk kinerja Pc nT-i1500. Dimana untuk kinerja Pc nT-i1500 yang selalu sedikit lebih baik di karenakan kecepatan dari processor yang digunakan sedikit lebih cepat (2,13GHz) dibandingkan yang lainnya ternasuk kecepatan processor dari motherboard Intel Atom D2500HN (1,8GHz).

Berbeda dengan ketiga motherboard pembandingnya,untuk kinerja motherboard Intel Atom D2500HN ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan jumlah (kapasitas) dari memory yang terpasang dislot memorynya.
Untuk ketiga motherboard pembanding secara phisik hanya mampu menampung satu keping saja memory Sodimm DDR3,sedangkan untuk motherboard Intel Atom D2500HN ini dapat ditambahkan menjadi dua buah keping memory Sodimm DDR3 pada boardnya.

Selain kinerja dari processor dan integrated graphicsnya untuk kinerja dari harddisk terutamanya kapasitas ataupun jumlah phisik dari storage yang terpasang,motherboard Intel Atom D2500HN ini dapat menampung hingga dua buah storage dalam koneksi port Sata 2.0 ( 3GB/s) dibandingkan dengan motherboard pembandingnya yang hanya menyediakan satua buah port Sata 2.0 (3GB/s) saja.

Berikut ini hasil test singkat dari kinerja Harddisk WDC 320GB 2,5"Inch yang saya gunakan dimasing-masing peserta Personal test kali ini.

-AS SSD.


































-As ssd chart performance.





Meski secara untuk kinerja motherboard Intel Atom D2500HN ini tidak jauh berbeda dengan beberapa kinerja motherboard pembandingnya terutamanya kedua Pc nT (Pc nT-i1200,Pc nT-i1250) dengan kecepatan yang sama,namun dengan penggunan flatform Desktop motherboard maka motherboard Intel Atom D2500HN ini dapat menjadi pilihan utamanya pada level komputasi dasar seperti penggunaan kegiatan kantoran.
Hal tersebut dikarenakan motherboard Intel Atom D2500HN ini masih mendukung beberapa port 'tradisional ' seperti port Paralel/LPT untuk koneksi printer dengan koneksi yang sama.
Selain itu terdapat pula Com/Serial Port yang tidak terdapat pada beberapa motherboard pembandingnya tersebut.
Sehingga untuk motherboard Intel Atom D2500HN ini dapat saya recommendasikan sebagai Machine Komputasi Level Dasar baik untuk pemula maupun kantoran.

Thanks For Attention .

Nice To Share.


......

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname