Friday 15 April 2016

( Intel Soc BrasWell motherboard) Msi N3050I ECO.

*Mukadimah.

Motherboard Msi N3050I ECO adalah salah satu motherboard Intel SOC BrasWell sebagai kelanjutan dari generasi sebelumnya yaitu Intel Baytrail.

Sama halnya dengan motherboard Soc sebelumnya,untuk motherboard Intel Braswell ini pun menggusung Isu ramah lingkungan (ECO) seperti hemat Daya (Listrik) dan hemat tempat dalam format Mini-Itx.

Dan berikut ini Skema dasar dari motherboard Msi N3050I ECO sebagai salah satu motherboard SOC Intel Braswell.


*Base Schematics motherboard Msi N3050I ECO.



Meskipun menggusung isu ramah lingkungan (ECO) seperti hemat penggunaan listrik (Daya) namun motherboard Msi N3050I ECO ini sudah menggunakan komponen dengan tingkat kestabilan dan kualitas Military Class 4 dalam jajaran produk motherboard Msi.

Dan berikut ini specifikasi,packaging dan penampakan dari motherboard Msi N3050I ECO.

*Packaging & Accesories.

-Specification.
Personal test note :
-The specification and accessories of the products are subject to irregular update. Please refer to the actual articles and accessories or consult the local distributors. Manufactures reserves the right to change.
The name and trademark mentioned in product specification belong to their respective owners.


*Look Closer.


*Rig Minimum Personal test.

Pada Personal test untuk motherboard Msi N3050I ECO ini saya melakukan single test namun dalam 2 (dua) operating system yang berbeda yaitu Windows 7 Sp1 64bit dan Windows 10 PRO 64bit.
Dimotherboard Intel Soc Braswell series untuk supporting operating system microsoft memang hanya mendukung Windows 8.x atau Windows 10 series termasuk untuk supporting operating system motherboard Msi  N3050I ECO ini.
Sehingga untuk melakukan pengujian dengan menggunakan Windows 7 SP1 64bit diperlukan 'trik/cara' khusus pada saat Installasi Windows 7 tersebut.

Dan berikut ini Rig minimum personal test yang saya pergunakan untuk motherboard Msi N3050I ECO ini.

Rig Minimum Personal test :
-Motherboard MsiN3050I ECO.
--Uefi/Bios versi : E7890IMS.120.
-Processor Intel Celeron N3050 Bga 1170 @ 1,6GHz (2,1GHz on Burst mode).
--Stock Cooling  /Default HeatSink FanLess.
-Memory So-Dimm DDR3  Samsung 4GB x 1Pcs.
--PC3-1600 4GB 1,5V.
--CL11-11-11 28.
-Integrated Graphics Controller.
--IntelHD  (integrated on Processor intel Celeron N3050).
-Harddisk Sata WD5000LPVX.
--Windows 7 64 bit Ultimate Sp1.
--Windows 10 Pro 64bit.
--AHCI Sata Controller.
-Monitor Led 19 Inch.
--Resolusi test  1366 x 768.
-Power Supply Unit 450Watt.
-Etc..


-Cpuz. test on Windows 7 SP1 64bit.
valid:http://valid.x86.fr/w9ma21

-Cpuz. test on Windows 10 PRO 64bit.
valid:http://valid.x86.fr/aa8z3v


-Installer Msi N3050I ECO.


*Bios /Uefi.

Berikut ini beberapa tampilan menu yang saya gunakan pada Personal test kali ini dengan menggunakan bios versi  E7890IMS.120.


-Bios Main menu.

-Bios Share memory.

-Bios Sata controller.

Seperti dijelaskan diawal bahwa pad Personal test kali ini saya melakukan pengujian dengan dua (2) operating system microsoft yang berbeda yaitu windows 7 SP1 64bit dan Windows 10 PRO 64bit.

Untuk process installasi Windows 7 SP1 64bit sebenarnya sangatlah mudah dilakukan jika menggunakan DVD Optical sebagai 'first boot'nya dan mouse /keyboard dengan koneksi 'PS2'.

-Bios Boot Option with DVD Optical.

Dikarenakan pada 'umum'nya penggunaan port 'Usb' baik untuk Storage seperti External harddsik ataupun Flash disk maupun mouse/keyboard maka untuk process installasi Windows 7 versi akan sedikit ada masalah.
Hal tersebut dikarenakan untuk motherboard Intel Soc Braswell hanya mendukung koneksi Usb dalam format 'XHCI' saja,sementara untuk  'Ehci' sudah tidak ada dukugan dimenu biosnya.

-Bios Usb Controller.

Sehingga untuk process installasi Windows 7 dengan menggunakan port 'Usb' baik untuk Bootable maupun mouse/keyboardnya harus dilakukan penambahan file driver Usb 3.0 kedalam Image (boot.wim) file Windows 7 tersebut.

Berbeda dengan Installasi Windows 7 ,untuk Installasi Windows 10 PRO ataupun Windows 8,x  series dapat dilakukan dengan dua (2) cara.

Cara pertama sama seperti pada saat installasi windows 7 series yaitu dengan menggunakan 'Legacy boot' baik melalui DVD Optical maupun Usb boot.
Berbeda dengan Windows 7 series untuk installasi Windows 10 PRO ataupun Windows 8,x series langsung dapat dilakukan dengan menggunakan 'Usb port' baik  sebagai bootable ataupun koneksi mouse/keyboardnya tanpa perlu penambahan file driver Usb3.0 di image Windows installasinya.

Cara kedua tentu saja menggunakan 'Eufi boot' baik pada process Installasi maupun ketika windowsnya sudah ter-install.
Menu 'Eufi boot' akan secara otomatis terpilih jika pada menu Windows OS Selection ter-'Enabled' untuk Windows 8-nya.

-Bios Windows selection.

Dengan merubah 'Enabled' pada menu bios Windows  OS Selection maka menu 'Legacy boot' akan hilang pada menu bios bootable-nya,maka dari itu terutamanya untuk first boot pada saat process installasi pun harus sudah dalam format 'Uefi' seperti Usb Boot windows installasinya.

Dan tentu saja pada akhirnya untuk Storage/harddisk ( WDC 500Gb) yang saya gunakan akan terdeteksi sebagai 'Uefi' bootable (windows Boot Manager).

-Bios Uefi Boot Option.
  

*Performance Personal test.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa pada Personal test untuk motherboard Msi N3050I ECO kali ini saya melakukan pengujian dengan menggunakan dua (2) operating system microsoft yang berbeda yaitu Windows 7 SP1 64bit dan Windows 10 PRO 64bit.

Hasil pengujian dalam Personal test yang nantinya saya akan tampilkan bukanlah bertujuan membandingkan kinerja kedua (2) operating system microsoft tersebut,namun hanya untuk menunjukan kinerja dari motherboard Msi N3050I ECO dalam dua (2) operating system berbeda tersebut.

Dan berikut ini beberapa sesi pengujian untuk Personal test motherboard Msi N3050I ECO kali ini.

-Cpu Performance:
--SuperPI,WinRar,Excel,Intel Burn test.
-Render Simulasi test.
--PovRay,Cinebench.
-FutureMark test.
--3Dmark06,3Dmark Vantage,3Dmark11,Pcmark7.
-Game test.
--CounterStrike 1.8,Resident Evil6,StreetFighter X Tekken
.

Sebagai awal sharing Personal test ini saya tampilkan hasil pengujian dengan menggunakan software bootracer.

-BootRacer.

-BooRacer chart performance.

Untuk pengujian lamanya waktu process boot windows atau desktop saya masih menggunakan software bootracer versi 4.7,dimana untuk Windows 10 PRO 64bit yang saya gunakan terdeteksi sebagai Windows 8 64bit.

Dan seperti penjelasan sebelumnya juga untuk masing-masing operting system yang saya gunakan memiliki type bootable yang berbeda ,dimana untuk Windows 7 SP1 64bit saya menggunakan 'Legacy bootable' sedangkan untuk Windows 10 PRO 64bit berjalan dalam 'Eufi bootable'.

Harddisk Sata 2,5'inch WDC 500GB yang saya gunakan pada tiap Personal test memang bukanlah media/storage yang mampu memperlihatkan kinerja maksimal pada tiap port sata motherboard peserta Personal test termasuk pada port Sata 3.0 motherboard Msi N3050I ECO ini.

Untuk harddisk Sata 2,5'inch WDC 500GB sendiri memiliki kinerja sekitar 6x,xx MB/s ~12x,xx MB/s untuk process Tulis dan Baca nya (Write/Read) seperti pada tiap-tiap Personal test yang pernah saya lakukan dengan menggunakan harddisk tersebut.

Dan berikut ini hasil test AS SSD terhadap harddisk Sata 2,5'inch WDC 500GB diport Sata motherboard Msi N3050I ECO.

-AS SSD.

-AS SSD chart performance.


*Cpu Performance. 

-SuperPI.

-SuperPI chart performance.


-WinRar.

-WinRar chart performance.


-Excel 2010.

-Excel 2010 chart performance.


-Intel Burning Test.

-Intel Burning Test chart performance.


*Rendering Simulation Test.

-PovRay.

-PovRay chart performance.


-Cinebench R11.5.

-Cinebench R11.5 chart performance.


*FutureMark Test.

-3DMark06.


-3DMark06 chart performance.


-3DMark Vantage.

-3DMark Vantage chart performance.


-3DMark11.

-3DMark11 chart performance.


-PCMark7.

-PCMark7 chart performance.


*Game Test.

-CounterStrike 1.8.

-CounterStrike 1.8 chart performance.


-Resident Evil6.

-Resident Evil6 chart performance.


-StreetFighter X Tekken.

-StreetFighter X Tekken chart performance.


*Summary Personal test.

Secara keseluruhan kinerja motherboard Msi N3050I ECO cukup baik meskipun berjalan dalam dua (2) operating system microsoft berbeda.
Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa Personal test dengan menggunakan dua (2) operating system microsoft memang bukan untuk membandingkan kinerja kedua (2) operating system tersebut ,melainkan hanya sebagai 'bukti' bahwa motherboard Msi N3050I ECO ini mampu berjalan dalam dua (2) operating system microsoft tersebut secara baik dan normal.

Seperti saya jelaskan pada sesi menu bios terutamanya pada saat process installasi windows 7 SP1 64bit sebaiknya dilakukan seperti cara-cara 'lama' yaitu dengan menggunakan DVD Rom sebagai Image source installasinya dan PS2 port untuk kontroler mouse keyboardnya.

'UsbLess' sepertinya cara yang lebih mudah dalam melakukan instllasi Windows 7 SP1 64bit tersebut,dengan hanya mendukung Usb controller 'XHCI' dimenu biosnya tentu saja akan lebih mudah jika menggunakan Windows terbaru seperti Windows 8,x series dan Windows 10 series jika menggunakan Usb port sebagai source Image instllasi dan mouse keyboard kontroller.

Perbedaan kinerja yang dihasilkan pada saat berjalan didua operting system microsoft tentu saja akan sangat ikut dipengaruhi oleh system recruitment hardware yang disaratkan oleh kedua operating system microsoft tersebut,dan untuk motherboard Msi N3050I ECO ini sendiri sudah memenuhi syarat minimum kedua operating system tersebut.

Personal test note :-about windows7.
                                  -about Windows10.

Dan sebagai akhir sharing Personal test untuk motherboard Msi N3050I ECO ini saya tampilkan hasil check temperature dan Windows Rate.


-Check Cpu temperature.

-Check temperature chart Performance.


-Windows Rate.

-Windows Rate chart performance.


Thanks For Attention.

Nice to Share.
    
....
......................

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname