Wednesday 14 January 2015

Motherboard Foxconn H81MX.

*Mukadimah.

Salah satu dari sekian banyaknya motherboard Intel socket lga1150 ber-chipset H81 yang coba ditawarkan oleh produsen motherboard Foxconn adalah motherboard H81MX.
Beberapa interface/koneksi 'lawas/lama' yang masih didukung oleh motherboard Foxconn H81MX ini seperti: port Serial/com,Paralel/Lpt (header) dan slot Pci32bit dapat menjadikan motherboard H81MX ini sebagai alternatip dalam melakukan proces Upgrade Hardware Pc yang terbarukan tanpa meninggalkan dukungan terhadap beberapa koneksi/teknologi yang sebelumnya.
Meskipun demikian untuk motherboard Foxconn H81MX ini tidak lupa menyertakan salah satu koneksi terbarukan yaitu Usb 3.0 sebanyak dua (2) port.

Dan untuk jelasnya berikut ini specifikasi dan penampakan dari motherboard Foxconn H81MX tersebut.

*Penampakan Motherboard Foxconn H81MX.

-Front side motherboard Foxconn H81MX.

-Open Hsf motherboard Foxconn H81MX.


*Specifikasi motherboard Foxconn H81MX.
  1. The specification and accessories of the products are subject to irregular update. Please refer to the actual articles and accessories or consult the local distributors. Manufactures reserves the right to change.
  2. The name and trademark mentioned in product specification belong to their respective owners.



*Short Personal test.

Sesuai dengan minimum Standard dari Short Personal test,beberapa sesi pengujian saya lakukan untuk mengetahui kinerja dari motherboard Foxconn H81MX ini,diantaranya adalah:
-SuperPI.
-WinRar.
-Excel2010.
-Intel Burn test.
-PovRay dan Cinebench R11.5.
-3DMark06,3dmark Vantage,3dmark11 dan Pcmark7.
-Game CounterStrike 1.8,Resident Evil6,StreetFigther X Tekken.
-Temperature check (idle & FullLoad).

Meskipun pengujian terhadap motherboard Foxconn H81MX ini terbilang singkat (short) ,namun setidaknya simulasi test ini mampu memberikan gambaran singkat dari kemampuan (kinerja) motherboard Foxconn H81MX dalam menjalankan aplikasi-aplikasi keseharian(daily activity) seperti kegiatan kantoran(office) maupun permainan (Game) serta kemampuan dalam hal rendering dan lain sebagainya.


*Specifikasi Rig Minimum Personal test.

Beberapa periperal saya gunakan sebagai Rig Minimum dalam pengujian Short Personal test.
Dan periperal Rig minimum tersebut diantaranya adalah:
*Motherboard Foxconn H81MX.
 -Uefi bios version C93F1P04 date : 06/09/2014.
*Processor Intel Haswell Socket lga1150 Core i3 4130 @ 3,4GHz.
-Default /Stock Cpu Cooler.
-Intel thermalpasta.
*Memory DDR3 Samsung 4GB 1keping.
-Time 11-11-11 28.
*Harddisk Sata 2,5"inch WDC 320GB WD3200LPVX.
-Windows 7 Ultimate Sp1 64bit.
-AHCI Sata Controller.
*Led Monitor 19 "Inch.
-Resolusi desktop & test 1366 x 768.
*Power Supply unit 450watt.
*Etc..

*Validasi Rig Minimum Personal test.
-Url :http://valid.x86.fr/z3l358

*Installer Personal test motherboard Foxconn H81MX.


*Uefi / Bios.

Berikut ini beberapa penampakan menu bios motherboard Foxconn H81MX dengan Uefi bios Versi  C93F1P04 date : 06/09/2014 yang saya pergunakan pada Personal test kali ini.

-Main Menu Bios.

-Bios Protect.
note:
-Set 'disabled' menu Super Bios Protect to update file Bios.

-Sata Controller menu Bios.

-Share Memory (to Vga) menu Bios.

-DVMT menu Bios.
note:
-About Dvmt :http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Intel_graphics_processing_units

-Memory Profile menu Bios.

-Uefi Boot Option Menu Bios.


*Result Short Personal test.

Sebelum dengan sharing dari rangkaian utama short Personal test ini,saya awali sharing ini dengan hasil test harddisk Sata 2,5"inch yang saya gunakan sebagai Rig Minimum Personal test kali ini.

Seperti halnya beberapa Personal test dengan menggunakan harddisk Sata 2,5"inch WDC WD3200LPVX ini,memang secara keseluruhan kinerja yang dihasilkan bukanlah yang terbaik termasuk untuk kinerja dari port Sata yang terpasang pada masing-masing motherboard.
Namun sebagai bagian dari 'Rig minimum' yang saya miliki dalam pengujian di Personal test,setidaknya dapat memberikan ke'seragaman' dalam pengujian yang saya lakukan.

-AS SSD.


-AS SSD (Read) chart performance.

-AS SSD (Write) chart performance.

Dalam beberapa Personal test yang saya lakukan dengan menggunakan harddisk Sata 2,5"inch WDC WD3200LPVX ini memang untuk kinerja yang dihasilkan baik dalam process Read (baca) dan Write (tulis) nya berada pada nilai 6x,xx ~8x,xx MB/s meskipun terpasang pada port Sata 3.0 (6GB/s).

note:
-Pengujian kinerja dengan menggunakan software AS SSD ini hanya dilakukan 1(satu) kali test saja dikarenakan lamanya waktu pengujian.
-urutan chart yang dibuat bukan berdasarkan kinerja yang terbaik,namun saya buat secara 'acak' dan berdasarkan 'type' motherboard yang sama.


-SuperPI.

-SuperPI (1M) chart performance.

-SuperPI (32M) chart performance.


-WinRar (1024MB).

-WinRar (Speed) chart performance.

-WinRar (Time) chart performance.


-Intel Burn Test.

-Intel Burn Test chart performance.


-Excel2010.

-Excel2010 chart performance.


Penjelasan:
-Seperti terlihat dari beberapa hasil Personal test awal ini memang terlihat untuk kinerja terutama yang dipengaruhi oleh factor kinerja Cpu+ Memory,baik motherboard Foxconn H81MX maupun motherboard Intel ber-chipset H81 lainnya memiliki kinerja yang hampir sama antara satu dengan lainnya.
Dimana untuk masing-masing motherboard Intel ber-chipset H81 termasuk motherboard Foxconn H81MX ini mampu mengungguli kinerja motherboard lainnya disesi test yang berbeda-beda.

Perbedaan kinerja yang dihasilkan oleh motherboard Intel ber-chipset H81 termasuk motherboard Foxconn H81MX ini terlihat pada saat melihat perbandingan kinerja dari ketiga(3) motherboard ber- chipset Intel H61 sebagai pembanding dari motherboard dengan teknology yang lebih awal/lama.


-3DMark06.

-3DMark06 (Cpu) chart performance.

-3DMark06 (HDR/SM 3.0) chart performance.


-3DMark Vantage (Performance).

-3DMark Vantage (Cpu) chart performance.

-3DMark Vantage (Gpu) chart performance.


-3DMark11 (P).

-3DMark11 (Physics) chart performance.

-3DMark11 (Graphics) chart performance.


Penjelasan:
-Di beberapa sesi test dengan menggunakan software dari Futuremark seperti 3dmark06,3dmark vantage dan 3dmark11 ini untuk kinerja yang dihasilkan memang akan sangat  dipengaruhi oleh factor Processor (cpu) dan Graphhics controller yang digunakan.

Dan seperti terlihat dalam beberapa chart yang ditampilkan disesi FutureMark test ini pun untuk kinerja beberpa motherboard ber-chipset Intel H81 termasuk kinerja motherboard Foxconn H81MX ini memiliki nilai kinerja yang hampir sama antara satu motherboard dengan yang lainnya.
Masing-masing motherboard ber-chipset H81 tersebut tidak selalu menjadi yang ter-unggul ataupun terrendah pada masing-masing sesi testnya.
Untuk kinerja beberapa motherboard ber-chipset H81 inipun akan terlihat Jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja dari motherboard dengan menggunakan chipset yang lebih lawas yaitu chipset Intel H61.

Selain dengan ketiga (3) software FutureMark test tersebut (3dmark06,3dmark vantage,3dmark11),pengujian menggunakan PCmark7 pun saya lakukan untuk mengetahui kinerja dari motherboard Foxconn H81MX .

Dan berikut ini hasil pengujian motherboard Foxconn H81MX dengan menggunakan software Pcmark7.

-PCMark7.

-PCMark7 (Total Score) chart performance.

-PCMark7 (Productivity) chart performance.


-PovRay.

-PovRay (Time) chart Performance.

-PovRay (PPS) chart Performance.


-CineBench R11.5.

-CineBench R11.5 (Cpu) chart performance.

-CineBench R11.5 (OpenGL) chart performance.


Penjelasan:
-PovRay dan Cinebench R11.5 adalah software yang saya gunakan sebagai simulasi Rendering test.
Baik Simulasi Rendering dengan menggunakan software PovRay ataupun Cibench R11.5 (Cpu render) akan sangat dipenguruhi oleh kinerja Cpu (Processor) yang digunakan.
Sedangkan kinerja Graphics controller akan terlihat ikut berpengaruhi pada saat simuliasi OpenGl rendering atau sejenisnya.
Kinerja processor Intel Haswell Core I3 4130 yang saya gunakan dimotherboard Foxconn H81MX Personal test iini pun sama baiknya dengan beberapa kinerja motherboard Intel ber-chipset H81 diPersonal test lainnya.

-Game CounterStrike 1.8.

-Game CounterStrike 1.8 (Fps) chart performance.


-Game Resident Evil6.

-Game Resident Evil6  (Score) chart performance.


-Game StreetFighter X Tekken.

-Game StreetFighter X Tekken (Fps) chart performance.

-Game StreetFighter X Tekken (Score) chart performance.

Penjelasan:
-Dengan penggunaan Integrated Graphics controller Inted HD4400 Series yang terdapat diprocessor Intel Haswell Core i3 4130,maka beberapa game Personal test seperti CounterStrike 1.8,Resident Evil6 dan StreetFighter X Tekken dapat berjalan dengan sangat baik dimotherboard Foxconn H81MX ini.
Khusus untuk game StreetFighter X Tekken test,diPersonal test ini untuk game tersebut ter-install pada Pc/komputer lainnya dan terhubung secara jaringan melalui port Lan/Rj45 yang terpasang pada masing-masing peserta Personal test.



-Temperature Check.

Setelah dengan keseluruhan rangkaian utama dari short Personal test dari kinerja motherboard Foxconn H81MX ini,saya coba tampilkan hasil penge-checkan Temperature/suhu dari Processor Intel Haswell Core i3 4130 dimotherboard Foxconn tersebut.

Dengan menggunakan menu Sensor yang terdapat pada software Aida64 pengujian/penge-checkan temperature tersebut diambil dalam dua(2) kondisi berbeda,yaitu pada saat Diam/Idle dan pada saat berjalan Penuh/FullLoad.
Untuk pene-checkan temperature/suhu processor Intel Haswell Core I3 4130 dimotherboard Foxconn H81MX dan beberapa motherboard di Personal test lainnya ,saya menggunakan software simulasi kondisi dengan Intel Burn test.

Dan berikut ini hasil penge-checkan Temperature tersebut.

-Temperature check (Idle) chart performance.

-Temperature check (FullLoad with Ibt) chart performance.


Penjelasan:
-Dengan pengunaan stock/default Hsf (HeatSink fan) yang terdapat pada pembelian processor intel Haswell Core i3 4130 sudah cukup baik dalam meredam/membuang panas yang timbul meskipun pada saat processor tersebut berjalan penuh/fullLoad dimotherboard Foxconn H81MX.
Dengan penggunaan Pasta/thermalgrease yang juga dari processor Intel tersebut,cukup kiranya process pembuangan panas tidak menjadi masalah yang cukup berarti,hal tersebut terlihat dari berjalannya keseluruhan sesi test diPeersonal test ini tanpa dipengaruhi oleh temperature/suhu panas pada processor yang diakibatkan pengujian tersebut.


*Summary Personal test.

Secara Umum untuk kinerja motherboard Foxconn H81MX ini memang cukup baik dan berada dalam 'level' kinerja yang sama baiknya dengan beberapa kinerja motherboard intel ber-chipset H81 lainnya diPersonal test ini.
Perbedaan kinerja yang dihasilkan oleh motherboard Foxconn H81MX ini memang terlihat jika membandingkan dengan kinerja beberapa motherboard generasi sebelumnya seperti motherboard Intel chipset H61 yang menggunakan processor Intel socket Lga1155,sehingga jika process 'Upgrade Hardware' dengan menggunakan motherboard ber-chipset H81 tersebut akan lebih terasa peningkatan kinerja yang dihasilkan.

Selain peningkatan kinerja yang sudah terlihat dari chart-chart perbandingan yang saya lampirkan sebelumnya,untuk motherboard Foxconn H81MX ini masih mendukung beberapa koneksi 'Lawas' seperti port Serial/com,Paralel/Lpt (header) dan slot Pci32bit .
Dengan masih ter-akomodasinya beberapa port koneksi lawas tersebut tentu saja mengurangi kekuatiran tidak dapat dipergunakannya beberapa periperal lawas /lama lainnya seperti Printer yang masih menggunakan kabel koneksi Paralel.

Meskipun tidak selalu yang terbaik dalam setiap sesi Personal test nya ,namun jaminan kinerja yang lebih baik dapat terlihat dari beberapa sesi Personal test yang menjadikan motherboard Foxconn H81MX ini cukup layak menjadi Pilihan baik dalam membangun Personal Computer (Pc) baru maupun Upgrade.



Thanks For Attention.

Nice To Sharing.

.....

2 comments:

Comments system

Disqus Shortname