Sunday 4 June 2023

( Short Personal test ) KUBIK PC AIO Comply 22.

*Mukadimmah.

Selain dengan ukuran 24 inch untuk KUBIK PC All in one pun tersedia dengan ukuran monitor 22 inch dengan model name Comply 22 ini.
Meskipun dengan ukuran yang sedikit lebih kecil untuk monitornya namun Kubik Pc all in one Comply 22 ini menggunakan teknologi lebih baru dibandingkan dengan seri Kubik 24 inch yang terlebih dahulu saya buatkan Personal test nya.
Dan untuk jelasnya berikut ini adalah Spesifikasi dari KUBIK PC All in one dengan model name : Comply 22.

*Specifikasi KUBIK PC AIO Comply 22.















Seperti dijelaskan diawal bahwa untuk Kubik Pc all in one Comply 22 ini menggunakan teknologi terbaru dibandingkan dengan Kubik Pc all in one 24 inch yang sebelumnya saya buatkan Personal test nya.

Untuk kubik Pc all in one Comply 22 ini mendukung penggunaan processor Intel generasi 10 dan generasi 11 dimana untuk socket processor yang digunakan adalah socket Intel Lga1200 series.

 Dengan dukungan processor Intel generasi 10 dan generasi 11 ini untuk Kubik PC all in one Comply 22 ini menggunakan Chipset Intel H510 series sebagai senjata utamanya.

-Motherboard Kubik Pc all in one Comply 22.

Selain dengan dukungan teknologi processor lebih terbaru untuk Kubik Pc all in one Comply 22 ini juga menyediakn 2 buah slot memory Sodimm DDR4 dimotherboardnya,sedikit lebih banyak dibandingkan dengan Kubik Pc all in one 24 inch sebelumnya yang hanya menyediakan 1 buah slot saja untuk memory Sodimm DDR4 nya.

Sedikit kekurangan dari Kubik Pca all in one Comply 22 ini dibandingkan dengan Kubik Pc all in one 24 inch sebelumnya adalah tidak terdapatnya internal Kamera.

Selain tidak terdapatnya internal Kamera untuk layar monitor Kubik Pc all in one Comply 22 ini pun belum mendukung penggunaan secara Touchscreen.

Meskipun tidak mendukung penggunaan secara touchscreen untuk layar monitor Pc all in one 22 inch ini bisa mendukung resolusi monitor hingga 1920 x 1080 60hz.

Sama halnya dengan Pc all in one 24 inch untuk Kubik Pc all in one Comply 22 ini pun menggunakan integrated graphics controller yang terdapat didalam processor yang terpasang disocket motherboard Pc all in one tersebut sebagai pengerak dari monitornya.

Dan pada Personal test untuk Kubik Pc all in one Comply 22 kali ini saya menggunakan processor Intel Core i7-11700,dimana untuk integrated graphics controllernya ( onboard vga ) adalah Intel UHD Graphics 750.

-Display Controller Kubik Pc all in one Comply 22.

Terlepas dari tidak adanya internal kamera dan belum Touchscreen untuk layarnya,Kubik Pc all in one Comply 22 ini menyediakan cukup banyak jalur input output seperti Usb port untuk bisa digunakan untuk memasang external Kamera ataupun Headset / mikrophone dan speaker ekternal jika akan melakukan Video call ataupun meeting online.

Untuk Pc all in one Comply 22 dari kubik ini sendiri menyediakan 2 buah port Usb 2.0 pada sisi kiri layarnya dan 4 buah port Usb 3.0 di rear panel nya.

-Rear panel Kubik Pc all in one Comply 22.

Seperti terlihat pada Rear panel Kubik PC all in one Comply 22 tersebut terlihat adanya 1 buah port HDMI dan 1 buah port d-sub / Vga analog.

Tentu saja dengan ketersedian kedua port tersebut maka untuk Kubik Pc all in one Comply 22 tersebut dapat dihubungkan dengan Monitor lainnya.

Dari percobaan Personal test yang saya lakukan dengan menggunakan 2 buah monitor external yang terhubung dengan port D-sub/Vga analog dan HDMI Kubik Pc all in one Comply tersebut dapat terdeteksi oleh System Windows 11 pro yang digunakan bahwa untuk Kubik Pc all in one tersebut terhubung oleh 3 buah monitor/display..

-Detection 3 monitor.

Meskipun secara System Display terdeteksi sebanyak 3 buah Display/monitor yang terpasang namun hanya salah satu port monitor tambahan/External saja yang bisa Tampil.

-Only 2 display.


-Only 2 monitor can display.


*Short Personal test Performance.

Sebelum dengan hasil pengujian performance dari KUBIK PC AIO Comply 22 ini, berikut adalah beberapa komponen serta aplikasi yang saya pergunakan pada short Personal test kali ini ,diantaranya :


- KUBIK PC All in One Comply 22.
  Bios AMI Vertion 5.19 date 05/18/2022.
-Processor Intel Core i7 - 11700 Base clock @ 2,5Ghz Boost Speed 4,9Ghz.
 Integrated Graphics controller Intel UHD Graphics 750.
 Hsf bundle packaging.
-Memory DDR4 SK Hynix 8GB 2666 x 1Keping.
-M.2 SSD HIKVision 256GB.
 Windows 11 Pro 64bit version 22H2.
 PCMARK10 versi 2.0.2115.64.
 Systeminfo Future mark 5.45.1044 and etc software.
 -AC Adapter 19Vdc- 6A bundle packaging.
-Keyboard mouse Usb port.

Sama seperti pengujian performance untuk KUBIK PC AIO 24 inch sebelumnya,untuk pengujian performance Kubik PC AIO Comply 22 ini pun saya mengunakan software benchmark Pcmark10.

Dan berikut ini hasil pengujian performance KUBIK PC AIO Comply 22 tersebut:


*Personal test Result.

-PCMARK 10 Score.


-PCMARK10 Chart performance.



Sama halnya dengan pengujian performance dengan software PCMark10 diPersonal test lainnya,untuk pengujian PCMark10 di Kubik Pc all in one Comply 22 ini pun hasilnya akan menunjukan kinerja untuk masing-masing komponen ataupun part terutamanya Processor ,graphics controller, memory dan Storage termasuk kinerja Jaringan ( Lan / wifi ) yang digunakan.

Untuk PCMark10 test sendiri terdiri dari beberapa sesi test Seperti Essential,Productivity dan Digital Content Creator,dimasing-masing sesi test tersebut pun terdiri dari beberapa test untuk menunjukan kinerja masing-masing komponen yang terpasang dengan beberapa kinerja test yang lebih detail.

Sebelum dengan penjelasan detail mengenai kinerja komponen yang saya gunakan di Kubik PC all in one Comply 22 dengan PCMark10 test ini,berikut ini adalah pengujian singkat untuk masing-masing komponen tersebut dengan menggunakan Windows Experience Index performance.


-Windows rate / Windows experience Index.

Seperti terlihat digambar chart Windows Experience index performance diatas, untuk kinerja processor Intel Core i7-117700 dan memory Sodimm DDR4 8Gb yang saya gunakan pada Personal test Kubik Pc all in one Comply 22 ini nyaris menghasilkan kinerja yang sempurna.

Dikarenakan penggunaan Intel UHD Graphics 750 yang ter-integrasi ( onboard vga ) di processor Core i7-11700 sebagai driver graphics monitornya maka untuk kinerga Graphics Kubik Pc all in one Comply 22 ini pun tidak tergolong untuk " Gaming Performance',meskipun demikian tentunya kinerga dari Intel UHD Graphics 750 terbilang cukup baik dibandingkan dengan kinerja Integrated Intel HD sebelumnya.

Meskipun belum sempurna namun kinerja M.2 SSD HIKVision 256GB yang saya pasangkan di slot M.2 Kubik Pc all in one Comply 22 sudah sangat memuaskan.

Kinerja baik Tulis dan Baca ( Write & Read ) sudah terbilang cepat untuk besaran kapasitas 256GB.

-AS SSD benchmark result for M.2 SSD HIKVision 256GB on Kubik Pc all in one Comply 22.


Seperti dijelaskan diawal test PCMARK10 ini terbagi menjadi beberapa sesi test seperti Essentials,Productivity dan Digital Content Creator.

Dan berikut ini adalah hasil test PCMark10 dalam beberapa sesi test tersebut :


-PCMARK10 _ESSENTIALS 

-App Start-up Score.

-Video Conferencing Score.


-Web Browsing Score.


Seperti diketahui untuk pengujian menggunakan PCMark10 ini diharuskan melakukan koneksi jaringan baik melalui Lan ( Rj45 port ) maupun Wireless ( Wifi ).

Untuk Pengujian PCmark10 di sesi Essential test ini pun saya lakukan dua kali pengujian yaitu menggunakan Lan ( Rj45 port ) dan Wifi yang terdapat di Kubik Pc all in one Comply 22 namun yang akan saya tampilkan adalah pengujian dengan koneksi Lan ( Rj45 port ) saja.

Dan berikut ini perbandingan kinerja PCMark10 test dengan menggunakan dua koneksi berbeda tersebut :

-PCMARK10_Essentials Lan Vs Wifi Performance chart.

Baik menggunakan Lan ( Rj45 port ) ataupun Wifi sebagai koneksi jaringannya untuk kinerja PCMark10 test di Kubik Pc all in one Comply 22 ini memiliki kinerja yang sama baiknya.
Meskipun secara angka untuk kinerja yang dihasilkan seperti ada perbedaan namun perbedaannya tidaklah mencolok antara kinerja pada saat menggunakan Lan ( Rj45 port ) ataupun Wifi karena baik koneksi menggunakan Lan ( Rj45 port ) maupun Wifi terhubung dengan Router test yang sama dengan kecepatan maksimal 10/100Mhz saja.
Dan tentu saja kinerja kedua koneksi jaringan tersebut akan jauh lebih baik jika menggunakan Router dengan kecepatan yang jauh lebih baik seperti Gigabit ( 1000 Mhz ) Lan & Wifi.
Dengan performance kinerja jaringan yang cukup baik tentu saja untuk process kinerja seperti browsing dapat dilakukan dengan cepat dan baik.
Memang ada sedikit kendala untuk Kubik Pc all in one Comply 22 jika melakukan aktifitas kerja kekinian seperti meeting online atau sejenisnya karena ketidak tersediaan internal Kameranya.
Namun hal tersebut bisa diatas dengan penggunaan kamera external sehingga pengambilan gambar ataupun video dapat dilakukan pada saat melakukan Meeting online ataupun sejenisnya di Kubik Pc all in one Comply 22 tersebut.

- Kamera external on Kubik Pc all in one Comply 22.


-PCMARK10 _Productivity.

-SpreadSheets Score.


-Writing Score.


-PCMARK10_Productivity chart performance.

Baik di sub-test Spreadsheets maupun Writing adalah pengujian dari kemampuan pengolahan data 'Office' seperti Open Document,Copy Paste,Recalculate dan sejenisnya dalam pengujian dengan PCMark10 di Kubik Pc all in one Comply 22 ini.
Dengan pengunaan processor Intel Core i7-11700 pada Personal test untuk Kubik Pc all in one Comply 22 ini maka kinerja yang dihasilkan dalam hal pengolahan data tersebut sangat baik.
Selain dengan Pengujian Spreadsheets maupun Writing test di pengujian PCMark10 ini, saya juga melakukan pengujian dengan 'Real software ' seperti Excel trader  dan Winrar benchmark  untuk mengetahui kinerja lainnya dalam hal pengolahan data di Kubik Pc all in one Comply 22 tersebut.

-Excel trader benchmark.



-Winrar ( 1024MB ) benchmark.


-PCMARK10 _Digital Content Creation.

-Photo Editing Score.



-Rendering and Visualization Score.



-Video Editing Score.



-PCMARK10 _Digital Content Creation chart performance.

Sesuai dengan nama dari sub test di PCMark10 ini ,untuk sesi test Digital content creation ini memang lebih menitik beratkan kinerja pada pengolahan gambar dan video.
Dengan pengunaan processor Intel Core i7-11700 di Personal test untuk Kubik Pc all in one Comply 22 kali ini untuk aplikasi-aplikasi dengan faktor processor ( Cpu grade ) memang akan sangat  mudah dijalankan.
Namun untuk aplikasi-aplikasi dengan faktor graphics controller ( Gpu grade ) terutamanya pengolahan data-data Video tentu saja kinerja yang dihasilkan jauh dari kata memuaskan,hal tersebut memang dikarenakan  penggunaan Intel UHD Graphics 750 sebagai graphics controller diKubik PC all in one Comply 22 tersebut.
Meskipun jauh dari nilai yang memuaskan namun seluruh sesi Render/editing test yang saya lakukan di Kubik Pc all in one Comply 22 dapat dilakukan dengan sangat baik seperti pengujian dengan software rendering Povray dan Cinebench berikut ini .

-PovRay test.



-Cinebench test.

Dengan Intel UHD Graphics 750 yang ter-integrasi diprocessor Intel Core i7-11700  sebagai controller monitornya,kinerja Kubik PC all in one Comply 22 sudah jauh lebih baik dibandingkan kinerja Intel UHD Graphics 630 yang terdapat dalam processor Intel generasi sebelumnya yaitu Intel generasi 8 ataupun Intel generasi 9 dalam hal process Rendering ataupun editing Photo dan video.


-Game test.

Meskipun untuk Kubik Pc all in one Comply 22 bukanlah untuk segmentasi pasar Gaming namun kemampuannya dalam menjalankan beberapa Game test di Personal test kali sudah cukup  baik. 
Dengan menggunakan resolusi desktop dan test sebesar 1920 x 1080 60hz dan settingan FullScreen off kinerja Intel UHD Graphics 750 memang sudah jauh lebih baik jika dibandingkan Intel UHD Graphics 630 dalam menjalankan Game di Personal test kali ini.

Dan berikut ini adalah beberapa Game test tersebut :

-CounterStrike 1.8 ( 155,85 Fps ).


-Devil May Cry 4 ( 60 Fps ).


-Final fantasy XIV ( score : 1287 ).

-Resident Evil 5 ( 43,3 Fps ).


-Sniper Elit V2 ( 7,9 Fps ) .

-Street Fighte IV ( Score : 8883 _ 58,15 Fps).

Meskipun hampir keseluruhan sesi Game test bisa dilakukan dengan menggunakan Kubik Pc all in one Comply 22 ini namun tentu saja tidak semua Game test tersebut menghasilkan kinerja yang baik.
Seperti game test Sniper Elite v2 yang hanya mampu menghasilkan Frame per seconds ( fps) nya diangka 7,9 saja.
Hal tersebut tentu saja dikarenakan Intel UHD Graphics 750 yang ter-integrasi di processor Intel core i7-11700 yang terpasang di Kubik Pc all in one Comply 22 bukan Rekomendasi hardware untuk graphics controller yang digunakan oleh Game Sniper Elite V2 tersebut.

Untuk menghasilkan kinerja yang sedikit lebih baik dalam menjalankan game-game tersebut tentunya dapat dilakukan penyesuaian terutamanya untuk Video/Graphics setting game tersebut.
tentu saja semua itu disesuaikan dengan kepuasan masing-masing pengguna terutamanya pada saat menjalankan Game- game tersebut dengan memilih settingan antara Kualitas tampilan atau Kualitas pergerakan pada saat bermain game nya.
 
Dan berikut ini adalah contoh perbedaan performance game test Street Fighter IV dengan berbeda settingan Video/graphics nya.

-Street Fighter IV chart performance.



*Temperature.

Untuk sesi test diPersonal test untuk Kubik Pc all in one Comply 22 ini adalah pengecheckan suhu dari processor yang terpasang dimotherboardnya.
Dan berikut ini adalah hasil pengecheckan suhu dari processor Intel Core i7-11700 dengan menggunakan Sensor software Aida64.
Dan sebagai simulasi Processor berjalan penuh / FullLoad saya menggunakan software test prime95 dan Intel burn test.
Untuk pengujian graphics controller yaitu Intel UHD Graphics 750 berjalan penuh saya menggunkan software test Unigine v3.0

-Intel burn test temperature check.


-Temperature chart performance.

Tentu saja Panas yang timbul untuk masing-masing processor yang terpasang di Kubik Pc all in one Comply 22 ini akan berbeda sesuai dengan karakteristik dari processor tersebut.
Untuk processor Intel core i7-11700 yang terpasang di Kubik Pc all in one Comply 22 ini panas yang dihasilkan pada saat berjalan penuh/FullLoad masih dibawah panas yang perbolehkan.
Dimana pada saat berjalan penuh dengan simulasi test Prime95 suhu yang dihasilkan berada diangka 63'Celcius,dan panas tersebut masih cukup aman.


*Wattage Consumption.

Berbeda dengan Temperature/Suhu check maka untuk Wattage Consumption check ini bukan hanya processor namun secara keseluruhan daya yang digunakan oleh Kubik Pc all in one Comply 22 tersebut dalam berbagai kondisi seperti pada saat kondisi Standby yaitu kabel Power adaptor sudah terpasang kejaringan listrik namun units Pc all in one belum di Power on / dinyalakan.

dan untuk simulasi Kubik Pc all in one Comply 22 berjalan penuh/FullLoad pun saya menggunakan beberapa software test seperti Prime95 dan Intel burn test.

Dan berikut ini hasil pengechekan daya yang digunakan dalam berbagai kondisi Pc all in one tersebut yang terlihat dalam Watt meter digital.

-Digital Watt meter.


-Wattage Consumption chart performance.


Seperti terlihat untuk konsumsi daya tertinggi adalah pada saat Kubik Pc all in one Comply 22 tersebut berjalan penuh/FullLoad dengan menggunakan software test Prime95 yaitu 85,3 Watt.
Tentu saja dengan konsumsi daya yang cukup rendah tersebut untuk Kubik Pc all in one tersebut bisa dikatakan sebagai produk dengan konsumsi daya yang Hemat.
Untuk Kubik Pc all in one Comply 22 sendiri menggunakan adaptor dengan besaran Tegangan dan arus nya 19Vc  6,3A ,yang artinya untuk adaptor tersebut menyediakan supply daya sekitar 110~120 watt untuk diumpankan ke Pc all in one tersebut.

-Include adaptor Kubik PC AIO Comply 22.

 
.......


Thanks For attention.

Nice to Share.

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname