Wednesday 23 October 2013

Motherboard VVIKOO VI H77 PRO.

Mencari motherboard untuk dipasangkan dengan processor Intel lga 1155 baik Sandybridge ataupun Ivybridge series memang sangat banyak pilihan yang tersedia.
VVIKOO sebagai salah satu penyedia dari periperal computer ini pun ikut menyumbangkan produk-produk motherboardnya  di socket Intel lga1155 tersebut.
Dengan banyaknya varian chipet Intel yang dikeluarkan sejak chipet H67 dan P67 hingga Z77 untuk mendukung kinerja dari processor intel socket lga1155 ini tentunya menjadi semakin banyak pilihan bagi calon pengguna dari processor Intel socket lga 1155 tersebut.

Chipset intel H77 adalah salah satu dari product intel yang dipergunakan untuk mendukung kinerja dari processor intel socket 1155.

*Schematic Intel H77.


Untuk motherboard VVIKOO dengan menggunakan chipset H77 sendiri terdapat dalam beberapa series,dan salah satu series yang saya lakukan pengujian adalah VI H77 PRO.

*Specifikasi & Tampilan motherboard VI H77 PRO.

Berikut ini beberapa tampilan phisik dan specifikasi dari motherboard VVIKOO VI H77 PRO.






*Menu Bios/Uefi motherboard VVIKOO VI H77 PRO.



*Konfigurasi & Konfigurasi Personal test.

Selain melakukan pengujian pada motherboard Intel H77 dari VVIKOO ini,saya pun melampirkan kinerja dua(2) buah chipset Intel lainnya yaitu chipset Intel Z77 yang mewakili kelas "Performance" dan chipset Intel H67 dari chipset intel pendukung socket intel lga1155 yang lebih Lawas di kelas "Value".



Meskipun kinerja ketiga(3) chipset Intel tersebut  saya buat dalam chart performance yang sama,namun bukan berarti ketiga(3) chipset intel tersebut layak diperbandingkan satu dengan yang lainnya tetapi hanya sedikit 'gambaran' dari masing-masing kinerja chipset intel tersebut.

Dan pada pengujian Personal test ini saya menggunakan salah satu processor intel socket lga1155 Ivybridge Core i5 3570k.




  
*Performance Sharing.

Dengan penggunaan processor Intel lga 1155 Ivybridge series Core i5 3570k pada personal test kali ini maka akan dapat terlihat perbedaan kinerja 'Default' dari masing-masing chipset intel yang digunakan terlepas dari konfugrasi dan technology yang terdapat pada masing-masing chipset intel tersebut.

Dan berikut ini beberapa hasil Personal test dalam beberapa factor performance.

*Cpu performance.










*Rendering performance.








*Game performance.









*Summary Personal test.

Dari keseluruhan sharing Personal test yang saya lakukan dengan menggunakan processor Intel socket lga1155 Ivybridge serie Core i5 357oK ditiga(3) buah motherboard dengan chipset intel berbeda,memang secara 'Default' kinerja terbaik dihasilkan pada saat menggunakan chipset intel Z77.

Perbedaan kinerja 'Default' antara motherboard VI H77 PRO dengan salah satu motherboard chipset yang lebih 'lawas' yaitu H67 memang tidaklah terlihat cukup jauh diantara keduanya namun demikian jika melihat dari nilai yang ada memang untuk chipset Intel H77 ini ada sedikit peningkatan jika dibandingkan chipset intel H67 yang sedikit lebih lawas.

Motherboard VVIKOO Intel H77 termasuk VI H77 PRO ini sendiri dilengkapi oleh Fitur/technoloy terbaru yang belum ada pada chipset-chipset sebelumnya,yaitu keberadaan slot mini Pci-express untuk MSata.

Dimana pada slot mini Pci-express tersebut berbeda dengan slot mini pcie-express chipset-chipset sebelumnya,pada slot mini Pci-express chipset H77 ini dapat dipergunakan untuk pemasangan SSD dalam format MSata.



Dengan dukungan fitur terbaru seperti slot mini-pci express untuk MSata tersebut cukuplah kiranya menjadikan satu alasan untuk motherboard VVIKOO H77 PRO ini sebagai product pilihan utama jika ingin  melakukan Upgrade maupun installasi sebuah Pc baru dengan budget yang terbatas / ekonomis.



No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname