Friday 4 March 2016

(Intel Skylake for DDR3) Msi H110M PRO-VD D3.

*Mukadimmah.

Dengan menggunakan code name 'D3' pada penamaannya ,tentu saja motherboard Msi H110M PRO-VD D3 ini hanya mendukung penggunaan memory DDR3 sebagai memory utama yang terpasang pada motherboard Intel Skylake socket Lga1151 dari produsen Msi tersebut.

Untuk jelasnya berikut ini Specifikasi dan penampakan dari motherboard Msi H11M PRO-VD D3.

*Specifikasi & Penampakan motherboard Msi H110M PR0-VD D3.

-Specifikasi.
Personal test note : 
-The specification and accessories of the products are subject to irregular update. Please refer to the actual articles and accessories or consult the local distributors. Manufactures reserves the right to change.

The name and trademark mentioned in product specification belong to their respective owners.


-Penampakan.

-Accesories Include on Packaging.


*Rig Minimum & Installer Personal test.

Berbeda dengan beberapa motherboard Msi Intel Skylake lainnya,untuk seri dengan code name akhir 'D3' ini memang masih menggunakan memory DDR3 sebagai memory utamanya.
Dan berikut ini specifikasi Rig minimumPersonal test untuk motherboard Msi H110M PRO-VD D3 pada Personal test kali ini.

Rig Minimum Personal test :
-Motherboard Msi H110M PRO-VD  D3.
--Uefi/Bios versi :E7981IMS.130.
-Processor Intel Lga 1151 Core i5 6600K @3,5GHz.
--Stock Cooling Fan /Default Hsf.
--Intel Thermal Paste.
-Memory DDR3 Samsung x 2Pcs.
--PC3-12800 (800 MHz) 4GB 1,5V.
--CL11-11-11 28.
-Integrated Graphics Controller.
--IntelHD 530 (integrated on Processor intel Core i5 6600K).
-Harddisk Sata WD5000LPVX.
--Windows 7 64 bit Ultimate Sp1.
--AHCI Sata Controller.
-Monitor Led 19 Inch.
--Resolusi test  1366 x 768.
-Power Supply Unit 450Watt.
-Etc..

-Cpuz.
Valid:http://valid.x86.fr/rub40g

-Installer Msi H110M PRO-VD D3 on Personal test.


*Uefi / Bios.

Beberapa setup menu bios standar Personal test untuk pengujian kinerja motherboard Msi H110M PRO-VD D3 ,diantaranya :

-Main Menu Bios.

-Sata Controller Menu Bios.

-Share memory Menu Bios.

-Windows Selection Menu Bios.

-Boot Option Menu Bios.



*Performance Personal test.

Meski hanya menggunakan memory DDR3 namun untuk pengujian kinerja motherboard Msi H110M PRO-VD D3 ini pun sama seperti beberapa pengujian motherboard Intel Skylake lainnya yang menggunakan memory DDR4 sebagai memory utamanya.

Berikut ini beberapa sesi pengujian singkat Personal test tersebut.

*Cpu Performance :
-SuperPI,WinRar,Excel 2010,Intel Burn test.
*FutureMark test.
-3dmark06,3dmark Vantage,3dmark11,Pcmark7.
*Render Simulasi test.
-PovRay,Cinebench.
*Game test.
-Counterstrike,Resident Evil,StreetFighter.

Beberapa sesi pengujian Personal test diatas tersebut merupakan Standar Personal test untuk periode tahun 2015/2016 ,termasuk pengujian terhadap beberapa motherboard yang mengusung technolgy lebih awal seperti beberapa motherboard Intel Haswell yang nantinya juga akan saya lampirkan kinerjanya dalam chart performance result.

Dan sebagai awal sharing dari Performance Personal test motherboard Msi H110M PRO-VD D3 ini saya dahulukan dengan hasil test Windows Rate.

*Windows Rate.


-Processor chart performance.

-Memory chart performance.

-Graphics chart performance.

-Harddisk chart performance.

Pada sharing awal Personal test dengan menggunakan 'Windows Rate' yang terdapat pada windows 7 SP1 ultimate 64bit  ,terlihat bahwa untuk kinerja processor intel skylake core i5 6600K dimotherboard Msi H110M PRO-VD D3 sama baiknya dengan beberapa kinerja motherboard Msi intel skylake lainnya yang menggunakan memory DDR4.

Sedikit perbedaan memang terlihat pada kinerja memory yang terpasang pada motherboard Msi H110M PRO-VD D3 jika dibandingkan kinerja memory DDR4 yang terpasang pada motherboard Msi intel skylake lainnya.
Namun dengan pengguanaan memory yang sama untuk kinerja memory DDR3 dimotherboard Msi H110M PRO-VD D3 sudah cukup baik jika dibandingkan pengguna memory DDR3 lainnya terutama motehrboard Msi intel Haswell (H81M-P33 PLUS & H81M-E33) yang mendukung technology intel lebih lawas/terdahulu.

Dengan menggunakan Graphics Integrated IntelHD sebagai graphics controllernnya maka kinerja yang dihasilkan pun hampir sama seperti karakteristik 'Memory' yang terpasang dimasing-masing motherboard Personal test kali ini jika melihat chart Performance yang ditampilkan.
hal tersebut karena untuk graphics controllernya menggunakan ''Sebagian' kapasitas  dari memory dari memory yang terpasang pada slot memory utama motherboardnya.

Harddisk Sata WD5000LPVX memang bukanlah storage yang mampu meng-exploitasi kinerja port Sata 3.0 pada masing-masing motherboard peserta Personal test kali ini,namun dengan penggunaan minimum periperal yang saya gunakan setidaknya didapatkan gambaran kinerja minimum yang akan didapatkan termasuk pada port Sata 3.0 yang terdapat pada motherboard Msi H110M PRO-VD D3. 


*Cpu Performance.

-SuperPI.

-Chart performance.


-WinRar.

-Chart performance.


-Excel 2010.

-Chart performance.


-Intel Burn test.

-Chart performance.


*FutureMark test.

-3Dmark06.

-Chart performance.


-3Dmark Vantage.

-Chart performance.


-3Dmark11.

-Chart performance.


-PCMark7.

-Chart performance.


*Simulation Rendering test.

-PovRay.

-Chart performance.


-CineBench R11.5.

-Chart performance.


*Game test.

-CounterStrike 1.8.

-Chart performance.


-Resident Evil6.

-Chart performance.


-StreetFighter X Tekken.

-Chart performance.


*Summary Personal test.

Dari keseluruhan rangkaian sharing Personal test baik pada sesi  Cpu performance,futuremark,simulasi rendering dan game test memiliki karakteristik yang hampir sama pada saat awal sharing Personal test ini ,yaitu pada saat pengujian dengan Windows Rate.

Pada sesi Cpu performancedan simulasi rendering test  memang untuk kinerja processor Intel Skylake core i5 6600k dimotherboard Msi H110M PRO-VD D3 bukanlah yang terbaik,namun kinerja yang dihasilkan sudah sama baiknya terutama jika dibandingkan dengan kinerja motherboard Msi intel skylake lainnya yang sudah menggunakan memory DDR4 sebagai memory utamanya.

Sementara untuk beberapa sesi test yang dipengaruhi oleh factor kinerja Graphics seperti disesi Futuremark test,game test ataupun simulasi rendering test (cinebench R11.5-OpenGL) memang kinerja yang dihasilkan sedikit diibawah kinerja dari beberapa motherboard Msi intel skylake yang menggunakan memory DDR4 sebagai memory utamanya.
Namun kinerja yang dihasilkan oleh motherboard Msi H110M PRO-VD D3 sudah lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja beberapa motherboard Msi intel haswell yang sama-sama menggunakan memory DDR3 sebagai memory utamanya.

Secara umum untuk kinerja motherboard Msi H110M PRO-VD D3 ini memang sudah lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja beberapa motherboard Msi intel Haswell yang mengusung technology terdahulu dengan menggunakan memory DDR3 sebagai memory utama dislot memorynya.

Dengan masih cukup mahalnya memory DDR4 saat ini (2015-2016) maka pilihan utama dalam membangun sebuah system Pc terbaru ataupun 'UpGrade' dengan harga yang cukup bersahabat terutamanya untuk harga(budget) memory memang pilihan untuk motherboard yang masih mendukung memory DDR3 dengan harga yang masih bersahabat adalah pilihan yang cukup ekonomis.

Seperti pilihan untuk motherboard Msi H110M PRO-VD D3 ini meskipun masih menggunakan memory DDR3 sebagai memory utamanya namun untuk supporting processornya sudah dapat menggunakan processor techology terbarukan (2015-2016) yaitu Intel Skylake socket Lga1151.



Dan sebagai akhir sharing saya tampilkan hasil pengecheckan temperature processor pada masing-masing motherboard peserta Personal test kali ini.

-Temperature Processor Check.

-Chart performance.





Thanks For Attention.

Nice to Sharing.

..............................

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname