Tuesday 6 September 2016

( How to) Install Windows 7 on Msi B150M PRO-VH (Intel Skylake Series).

*Mukadimmah.

Pada dasarnya memang untuk motherboard Intel Skylake socket Lga1151 series termasuk motherboard Msi B150M PRO-VH akan lebih mudah atau mendapatkan dukungan penuh untuk operating system terbaru dari Microsoft (2015~2016) seperti Windows 8,x dan Windows 10 series.

Untuk operating system microsoft terdahulu terutamannya untuk Windows 7 series memang akan sedikit bermasalah terutamanya jika menggunakan port 'Usb' baik untuk koneksi keyboard mousenya ataupun source Image windows  (flash disk / Dvd optical ) pada saat process installasi Windows 7 tersebut.

Tentu permasalahan installasi Windows 7 series tersebut tidaklah akan terjadi jika menggunakan port 'Sata' sebagai source storage image installasi / first boot windows 7 installasi melalui optical drive (Dvd rom sata) dan juga port 'Ps2' sebagai koneksi keyboard dan mousenya.

Namun dikarenakan penggunaan port Usb yang sudah sangat 'Dominan/umum' pada saat ini,baik sebagai port koneksi storage/media seperti flash disk atau Dvd optical usb atau pun port koneksi contoroller seperti keyboard dan mouse maka penggunaan koneksi diport Usb motherboard Intel Skylake socket lga1151 akan sedikit ada masalah dengan supporting Windows 7 Series terutamanya pada saat process Installasi.


*What Problem?.

Seperti diuraikan diawal bahwa untuk supporting Windows 7 series dibeberapa motherboard Intel Skylake socket Lga 1151 seperti motherboard Msi B150M PRO-VH adalah pada saat process instllasi Windows 7 series tersebut terutamanya jika menggunakan port "Usb' sebagai port koneksi baik untuk Firt Boot media ( Usb flash disk ataupun External DVD drive) ataupun Controllernya ( Keyboard Mouse).

Beberapa permasalahan pada saat process installasi Windows 7 series dimotherboard intel Skylake yang berhubungan dengan penggunaan port 'Usb' akan menyebabkan kesulitan bahkan terhentinya proces instllasi Windows 7 series tersebut di antaranya seperti beberapa gambar berikut ini.

-Gambar 1.

Dengan tidak didukungnya port 'Usb' sebagai koneksi Controller keyboard mouse maka process instllasi windows 7 series tersebut terhenti pada tahapan awal seperti pada Gambar 1. karena tidak dapat digerakan baik mouse ataupun keyboard untuk melanjutkan tahapan installasi berikutnya.

Tentu permasalahan pada tahap awal instllasi Windows 7 series seperti pada Gambar 1. dapat 'dilalui' jika menggunakan port 'Ps2' sebagai koneksi keyboard mousenya.
Namun pada beberapa motherboard intel skylake socket lga1151 hanya menyediakan satu (1) buah port "Ps2' yang hanya dapat dipergunakan untuk keyboard atau mouse saja tidak bisa dipergunakan untuk keduanya (keyboard dan mouse) secara bersamaan seperti yang terdapat pada motherboard Msi B150M PRO-VH.

Rear Panel motherboard Msi B150M PRO-VH (Intel Skylake Series).


Pada percobaan Installasi Windows 7 series dibeberapa motherboard intel skylake untuk tahapan awal seperti Gambar 1. memang dapat dilalui untuk berlanjut ketahapan berikutnya ,namun permasalahan yang timbul adalah tidak ter'deteksi' adanya media/storage seperti Cd/Dvd drive dimana Image Windows 7 series tersebut akan digunakan sebagai Source/sumber process installasi tersebut seperti Gambar 2. berikut ini.

-Gambar 2.

Permasalah yang timbul pada process instllasi Windows 7 series dimotherboard Intel skylake series seperti terlihat pada Gambar 2. dikarenakan penggunaan port 'Usb' sebagai First Boot Media nya baik itu dengan menggunakan Usb FlashDisk ataupun External Dvd drive dimana Image instllasi Window7 series tersebut akan digunakan.

Permasalahan seperti yang terlihat pada Gambar 2. tentu saja tidak akan terjadi jika menggunakan port 'Sata' sebagai First boot media seperti Dvd drive sata dimana terdapat Image instllasi Windows 7 series berupa keping DVd installasi.


*What Different?

Permasalahan process Installasi Windows 7 Series dengan menggunakan port 'Usb' memang terjadi bukan hanya pada saat awal 'ada'nya motherboard Intel Skylake ini namun juga pada beberapa Technology intel sebelumnya seperti 'intel haswell' ataupun 'Intel broadwell.
Namun permasalahan tersebut lebih terasa untuk segmen 'Desktop' motherboard dimotherboard intel skylake series ini.

Untuk beberapa motherboard desktop Intel technology terdahulu seperti intel haswell untuk port Usb masih mendukung dua (2) type Usb yaitu XHCI dan EHCI,sedangkan untuk beberapa motherboard Intel Skylake seperti pada motherboard Msi B150M PRO-VH hanya mendukung Usb type XHCI saja.

Supporting untuk type Usb tersebut dapa dilihat pada menu bios dimasing-masing motherboard ,seperti beberapa gambar berikut ini.

-Gambar 3.

Pada Gambar 3.terlihat adanya dukungan dua (2) buah type Usb yaitu XHCI dan EHCI seperti terlihat pada menu bios salah satu motherboard intel Haswell yaitu Msi H81M-E35 V2.

-Gambar 4.

Berbeda dengan menu bios pada Gambar 3. dimana menu bios di Gambar 4. untuk supporting Usbnya hanya mendukung XHCI saja.
Menu bios untuk type Usb yang hanya mendukung Usb type XHCI memang terdapat pada beberapa motherboard intel Skylake socket lga1151 termasuk pada menu bios motherboard Msi B150M PRO-VH pada percobaan (How to ) kali ini.

Dengan tidak didukung/supportnya Usb type  EHCI dimotherboard Intel Skylake maka maka penggunaan Windows 7 series terutamanya pada saat process instllasi akan mengalami beberapa permasalahan seperti beberapa penjelasan awal diatas.

About EHCI Usbhttp://www.intel.com/content/www/us/en/io/universal-serial-bus/ehci-specification.html

About XHCI Usb https://en.wikipedia.org/wiki/Extensible_Host_Controller_Interface

*How to Fix ?

Dengan masih sangat 'Femiliar/ terbiasa'nya penggunaan Windows 7 Series secara umum dan juga penggunaan port Usb sebagai sebagai media First boot serta kontroller keyboard mousenya namun berbenturan dengan dukungan technology motherboard yang digunakan (Intel Skylake) maka diperlukan sebuah penyelesaikan untuk permasalahan tersebut.

Dan seperti dijelaskan diawal bahwa permasalahan yang timbul adalah dukungan / Supporting penggunaan port 'Usb' pada saat instllasi Windows 7 series tersebut maka diperlukannya 'Penambahan/add' file driver untuk Usb yang mendukung Window 7 series kedalam file 'Image' installasi Windows 7 series tersebut.

Meskipun 'sejati' nya untuk beberapa motherboard Intel Skylake socket Lga1151 adalah untuk mendukung operating system terbarukan (2015-2016) seperti Windows 8,x dan Windows 10 series,namun untuk dukungan operating system terdahulunya terutamanya Windows 7 series masih menyedikan dukungan 'Driver'  yang dapat dipergunakan di Windows 7 series tersebut.

Untuk motherboard Intel skylake socket lga1151 Msi B150M PRO-VH yang saya pergunakan pada (How to ) kali ini pun menyediakan driver-driver untuk digunakan di Windows 7 series baik dalam bentuk keping Dvd driver maupun dapat di download di official link product motherboard Msi tersebut.


*How to Add Driver to Image?

Ada beberapa cara menambakan driver file Usb yang mendukung Windows 7 series kedalam file Image installasi Windows 7 series seperti dengan menggunakan 'Command Dos' ataupun 'Windows 7 Usb 3.0 Image Creator'.

Untuk Percobaan ( How to ) kali ini saya menggunakan software Windows 7 Usb 3.0 Image Creator dari Intel.
Untuk software Windows 7 Usb3.0 Image creator dapat di download di link berikut :

https://downloadcenter.intel.com/product/85254/Intel-NUC-Kit-NUC5CPYH

atau

https://downloadcenter.intel.com/download/25476/Windows-7-USB-3-0-Creator-Utility?product=85254

Untuk Percobaan ( How to ) kali ini saya sendiri menggunakan Windows 7 Usb3.0 Image Creator V.2.
Untuk File Windows 7 Usb3.0 Image Creator  V.2. sendiri dapat didownload dilink berikut ini pula :

:https://www.dropbox.com/s/3h13qw9dv7hscaq/Win7usb3creatorimage.rar?dl=0

Penambahan/add driver Usb3.0 kedalam file Image installasi Windows 7 series ini dengan menggunakan software Windows 7 Usb3.0 Image Creator  sendiri hanya dapat dilakukan jika menggunakan 'Flash disk' sebagai Fisrt Boot media dimana terdapat file Image (boot.wim dan Installasi.wim) Installasi Windows 7 series tersebut.
Jadi bukan menambakan file driver kedalam 'Image' Installasi Windows 7 series tersebut secara langsung baik dalam bentuk keping 'Dvd' ataupun file Image/Iso.

Untuk mempersingkat waktu tentu saja saya tidak menjelaskan atau menguraikan cara membuat /burning image File windows 7 series kedalam 'Flashdisk',namun langsung menambahkan file driver Usb 3.0 windows 7 series kedalam file image (boot.wim / Installasi.wim) installasi Windows 7 yang terdapat pada 'Flashdisk' tersebut.

Step.1.

Setelah selesai mendownload file software Windows 7 Usb 3.0 Image Creator tersebut 'Extract' file tersebut kedalam sebuah folder.
Dan seperti yang saya jelaskan untuk percobaan (How to ) kali ini menggunakan Windows 7 Usb 3.0 Image Creator V.2 yang terdapat pada link download saya.

Setelah diExtract maka akan terdapat dua (2) versi Windows 7 Usb 3.0 Image Creator yang saya lampirkan dalam file tersebut yaitu Versi 2 dan Versi 3.

Extract File 1.


Tahapan berikutnya tentu saja melakukan Extract file software Win7_USB3.0_Creator_v2 yang akan digunakan.

Extract File 2.

Didalam file Win7_USB3.0_Creator_v2 yang sudah ter-extract akan terdapat satu (1)buah folder Usb_3.0_Win7_64_4.0.0.36 dan juga Installer_Creator_readme guide dan tentu saja software Installer_Creator itu sendiri utamanya.


Step.2.

Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa software Win7_USB3.0_Creator_v2 ini berasal dari Intel maka penggunaan 'aslinya' pun untuk product intel tersebut,namun demikian software Win7_USB3.0_Creator_v2 tetap dapat dipergunakan sesuai dengan keperluan pada percobaan (How to) kali ini.

Pada tahapan kedua ini adalah dengan mengganti file driver yang terdapat pada folder Usb_3.0_Win7_64_4.0.0.36 >Intel USB 3.0 eXtensible Host Controller Driver PV 4.0.0.36 dengan file Intel Usb3.0 Ddriver yang terdapat pada Dvd driver atau pun download diLink motherboard Msi B150M PRO-VH seperti pada percobaan (How to) kali ini.

Copy File Intel Usb3.0 Driver motherboard Msi B150M PRO-VH.


Paste ( Copy & Replace) File Intel Usb 3.0 Driver.


Step.3.

Tahapan berikut ini tentu saja menambahkan file driver Intel Usb3.0 kedalam file image installasi (boot.wim dan Installasi.wim) Windows 7 series yang terdapat pada 'Flashdisk' dengan menggunakan software Windows 7 Usb3.0 Image creator.

Klik 'Run as administrator' software Installer Creator.

Lalu arahkan 'USB Drive Path' ke 'Flaskdisk' Windows 7 series Installation yang dipergunakan pada menu yang terdapat pada software Windows 7 USB3.0 Image Creator tersebut.


Kemudian klik menu 'Create Image' dimenu software Windows 7 USB3.0 Image Creator.

Penambahan file driver Intel usb3.0 akan memakan waktu yang 'cukup lama' ,jadi tunggu hingga semua berjalan sampai selesai.

Dan berikut ini tampilan 'Finish' dari process Penambahan file driver Intel usb3.0 dengan menggunakan Windows 7 Usb 3.0 Image Creator  V.2


*Before and After.

Penambahan/Add driver kedalam file Image Installasi Windows 7 series yang saya pergunakan tentu saja akan menambah kapasitas dari file Image tersebut.
Penambahan/Add Driver file Usb3.0 Windows 7 series kedalam Image Installasi Windows 7 series hanya dilakukan kedalam dua (2) buah file saja yaitu : boot.wim dan install.wim,sehingga perbedaan before & after ( sebelum dan sesudah) yang menandakan berhasilnya process 'Add driver' tersebut adalah dengan bertambah besarnya kapasitas kedua (2) file tersebut (boot.wim & install.wim).

Before and After boot.wim.

Before and After Install.wim.


Sebelum process penambahan/add driver file usb3.0 ini kapasitas file boot.wim sebesar 145.157 KB dan setelah process tersebut kapasitas file boot.wim tersebut menjadi 153.468 KB  ( perbedaan meningkat 8.311 KB) sedangkan file install.wim sebelum process penambahan/add driver kapasitasnya sebesar 4.191.304 KB dan setelah penambahan/add driver file Usb3.0 menjadi 4.212.816 KB (perbedaan meningkat 21.512 KB).

Seperti terlihat pada kedua (2) gambar diatas (before & after) lokasi file boot.wim dan install.wim terletak didalam folder 'Source' dimana usb Flashdisk Image Windows 7 series tersebut terpasang.
Dengan demikian maka Usb flashdisk image Windows 7 series tersebut sudah dapat dipergunakan sebagai first boot media (source image installastion) dalam process installasi Windows 7 series dimotherboard Intel skylake socket lga1151 seperti dimotherboard Msi B150M PRO-VH dipercobaan (How to ) kali ini.

Installation Windows 7 Ultimate SP1 64bit on motherboard Msi B150M PRO-VH.


Motherboard Msi B150M PRO-VH Running on ( Support) Windows 7 ultimate SP1 64bit. 


Thanks for attention.

Nice to Share.

....

Note:
-Download and Save this 'How to'.



4 comments:

  1. Untuk Step.3. kurang lebih waktunya 9~10menit.

    ReplyDelete
  2. klo utk procesor amd apakah bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum coba untuk motherboard AMD,tp cara ini jg bisa dipakai untuk 'add driver' ke image win7 secara umum.

      Delete

Comments system

Disqus Shortname