Wednesday 4 January 2017

Motherboard Msi X99A RAIDER Running test with Core I7 5930K @4.6GHz.

*Mukadimmah.

Motherboard Msi X99A RAIDER memang bukanlah motherboard yang ter-barukan pada saat (tahun 2017) Personal test ini saya lakukan terhadap motherboard yang menggunakan socket Intel Lga 2011-3 tersebut.
Meskipun demikian tidak salahnya saya tampilkan kinerja yang telah diraihnya dengan menggunakan minimum periperal yang saya miliki.

Berbeda dengan periperal minimum yang saya gunakan pada beberapa Personal test sebelumnya ( <2016) ,dimana untuk beberapa Pengujian Khususnya  motherboard saya mengunakan Graphics card Msi R9 270X MINI-ITX GAMING  sebagai Graphics Controllernya serta Windows 10 Pro 64 bit sebagai testbed Operating system.

Meskipun penggunaan Graphics card Msi R9 270X MINI-ITX GAMING bukanlah yang pertama pada Personal test yang saya lakukan  seperti pada Personal test motherboard Msi H110M PRO-VH PLUS ,tetapi untuk penggunaan graphics card Msi tersebut akan lebih sering dipergunakan pada periode tahun 2017 ini.

Sebelum Dengan hasil pengujian dari motherboard Msi X99A RAIDER tersebut,terlebih dahulu saya tampilkan phisik motherboard Intel socket Lga 2011-3 tersebut.


*About motherboard Msi X99A RAIDER.

-Base Schematics.

-Look Closer.

-Specification.
Personal test note : 
-The specification and accessories of the products are subject to irregular update. Please refer to the actual articles and accessories or consult the local distributors. Manufactures reserves the right to change.
The name and trademark mentioned in product specification belong to their respective owners.

-Packaging & Accesories.


*Rig Minimum Personal test.

Meskipun Personal tes motherboard Msi X99A RAIDER ini saya akan pergunakan sebagai 'Accuan' awal untuk kinerja hasil Personal test di tahun 2017 baik Software maupun Hardware nya.
Namun ada beberapa Periperal yang masih menggunakan periperal 'Lama' karena keterbatasan yang saya miliki.

Dan Berikut ini beberapa periperal yang saya pergunakan pada Personal test untuk motherboard Msi X99A RAIDER.

Rig Minimum Persona test:
-Motherboard Msi X99A RAIDER.
--Uefi /bios versi : E7885IMS.P50  date: 07/19/2016.
-Processor Intel Haswell-E Lga 2011-3 Core I7 5930K .
--Speed Default @ 3,5GHz.
--Safety OverClock @ 4,6GHz.
--Intel Thermal Pasta.
--3rd Party Cooling Fan processor.
--Dual Fan 4,5"inch.
-Memory DDR4 Panram Ninja-V Series x 2Pcs.
--PC4 17000 4GB 1,2V.
--CL 13-13-13 35.
-Graphics card Msi R9 270X MINI-ITX GAMING.
--Driver Radeon Software Crimson Relive Edition Installer Versi.16.12.1
-Harddisk Sata 2,5"inch WDC5000LPX 500GB.
--Windows 10 Pro 64bit.
--AHCI Sata Controller.
-Monitor Led 19 Inch.
--Digital Signal monitor via HDMI port.
--Resolusi test 1366 x 768.
 -Power Supply unit 450Watt.
-Etc...

Seperti terlihat di Rig Minimum yang saya pergunakan Pada Personal test untuk motherboard Msi X99A RAIDER ini masih terlihat beberapa periperal "lawas' yang saya gunakan seperti Harddisk 2,5inch 500GB ,Led monitor 19Inch,memory DDR4 4GB 2keping serta Power supply unit yang Hanya 450watt .

Dengan penggunaan periperal "Lawas' tersebut tentunya tidak akan mampu memberikan kinerja maksimal pada masing-masing 'Peserta' Personal test yang saya lakukan,namun dengan Rig minimum tersebut saya harapkan dapat memberikan sedikit gambaran tentang kinerja daro masing-masing "Peserta' Personal test tersebut.

Khusus untuk Cooling Fan processor pada periode tahun 2017 ini saya dan khususnya untuk motherboard Intel; socket Lga2011-3 Haswell-E seperti motherboard Msi X99A RAIDER ini,saya menggunakan 3rd Party Cooling Fan processor.
Untuk 3rd Party Cooling Fan processor tersebut memiliki kemampuan menurunkan Panas -+ 20'Celcius jika dibandingkan Stock cooling processor Intel socket Lga1151/lga1155.

Dan sesuai dengan tema Personal test kali ini untuk pengujian kinerja motherboard Msi X99A RAIDER + Processor Intel Core I7 5930K ini memang saya buat menjadi dua (2) sesi/periode test,yaitu : Default Vs Safety OverClock speed processor Intel Core I7 5930K.

-Cpu.Z Default Speed Processor Core I7 5930K @ 3,5GHz.
Valid:http://valid.x86.fr/xbg9e8

-Safety OverClock speed processor  Intel Core I7 5930K @4,6GHz.
Valid:http://valid.x86.fr/i939ku
note:
-about Processor Intel core I7 5930K : https://ark.intel.com/products/82931/Intel-Core-i7-5930K-Processor-15M-Cache-up-to-3_70-GHz

*Uefi/Bios Menu.

Dengan menggunakan versi bios E7885IMS.P50 date :07/19/2016,berikut ini beberapa menu bios dari motherboard MSi X99A RAIDER yang bisa saya Tampilkan.

-Bios Main menu.

Untuk melakukan penyimpanan dari tampilan menu-menu bios dari motherboard X99A RAIDER ini dapat dilakukan dengan menekan tombol 'F12' pada keyboard yang terpasang di motherboard Msi tersebut.
Tampilan menu bios dari motherboard Msi X99A RAIDER ada duaTampilan yang berbeda ,yaitu tampilan Advanced dan EZ Mode.
Perubahan tampilan tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol 'F7' pada tombol keyboard yang terpasang.

-Bios Sata Controller.

Meskipun motherboard Msi X99A RAIDER tergolong motherboard "High End' pada saat (Tahun 2017) Personal test ini saya lakukan,namun untuk Sata controllernya selain AHCI dan Raid,untuk mode Sata controller IDE masih ter-akomodir didalam pilihan menu biosnya.


-Bios Windows OS Configuration.

Pada menu bios Windows OS Configuration hanya terlihat pilihan untuk melakukan pilihan 'Disabled' atau 'Enabled' terhadap Windows 8.1 ataupun Windows 10 Series.
Jika pada pilihan untuk Windows 8.1/10 ter'Disabled' (default bios) makan untuk pilihan Boot Option dapat dalam dua (2) pilihan yaitu -Uefi dan Legacy

-Bios Boot Option (Dual Boot Mode).

Sedangkan jika pilihan pada menu bios Windows 8.1/10 ter-'Enabled' maka untuk menu Boot Mode Option hanya terdapat  Uefi Boot mode saja.
Dan untuk setup bios Windows 8.1/10 di Personal test motherboard Msi X99A RAIDER kali ini saya pilih menjadi 'Enabled',sehingga untuk menu Boot Optionnya hanya terdapat 'Uefi' Boot mode saja.

-Bios Boot Option (Uefi only).


-Bios Cpu Core Ratio.

Dan seperti tema yang saya buat untuk Personal test motherboard Msi X99A RAIDER kali ini dengan melakukan dua (2) mode konfiguration speed berbeda untuk processor Intel Core I7 5930K yang saya pergunakan yaitu Speed Default (3,5GHz) dan Safety OverClock ( 4,6GHz).
Untuk mode konfiguration Safety OverClock yang berjalan dengan kecepatan 4,6GHz saya hanya melakukan perubahan pada 'CPU Ratio' yang terdapat pada menu "OC' bios motherboard Msi X99A RAIDER dengan mengganti pilihan 'Auto' menjadi ' 46' (Ratio 46 x Base frequensi 100MHz = 4,6GHz).

Dalam mode konfiguration Safety OverClock saya coba melakukan peningkatan untuk 'Cpu Core Voltage' nya,dan untuk batasan aman/Safety dari pilihan untuk menu bios tersebut terdapat pada nilai dibawah 1.300 .
Dengan keterbatasan baik Power Supply units yang hanya 450watts (Include Casing Psu) dan Cpu Cooling yang saya pergunakan,maka untuk 'Cpu Core Voltage' hanya saya batasi pada angka '1.300'  (1,3Vdc) .

-Bios Cpu Core Voltage.


*PerFormance Personal test. 

Dengan masuknya periode baru di tahun 2017 ini maka beberapa pengujian 'Singkat' ditiap sesi Personal test pun saya buat sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya (<2016) namun terdapat pula beberapa pengujian yang masih menggunakan Software pengujian lama.

Dan berikut ini beberapa pengujian diPersonal test motherboard Msi X99A RAIDER yang saya buat dalam beberapa sesi test:

-Cpu Performance test.
---SuperPI,Intel burn test,Winrar,Excel 2010.
-FutureMark test.
---3Dmark11,3Dmark Time Spy,Pcmark7,Unigine Heaven.
-Rendering simulasi test.
---Cinebench,Povray.
-Game test,
---Lost Planet2,Resident Evil6,Street X tekken.

Sebagai sharing awal diPersonal test motherboard Msi X99A RAIDER ini ,saya tampilkan hasil pengujian kinerja masing-masing periperal/komponen yang digunakan dengan menggunakan 'Windows Rate'.
Berbeda dengan Windows 7 yang terdapat menu pilihan pengujian 'Windows rate',untuk Windows 8 ataupun Windows 10 series dalam 'System' nya tidak disertakan pengujian 'Windows rate' tersebut. Meskipun untuk pengujian performance di Windows 8 ataupun Windows 10 series tidak terdapat di 'System' namun pengujian Windows rate tersebut tetap dapat dilakukan dengan menggunakan software pengujian '3rd party'.

Untuk pengujian Windows rate di Personal test terutamanya jika menggunakan Windows 10 series seperti pada saat Personal test dengan menggunakan Windows 10 PRO 64bit ini,saya menggunakan software pengujian' ChrisPC Win Experience Index'.

Dan berikut ini hasil pengujian dengan menggunakan software 'ChrisPC Win Experience Index'.

-Windows Rate.

-Windows Rate chart Performance.

Dengan peningkatan 'Speed system' yang berbeda dari kecepatan 'Default'-nya memang sepertinya hanya dua (2) komponen saja yang mendapatkan peningkatan kinerjanya yaitu  Processor dan Memory pada saat berjalan dalam kecepatan berbeda (Safety Overclock).
Beberapa peningkatan kinerja dalam penggunaan aplikasi/software keseharian/daily tentu saja dapat terlihat dari beberapa penyajian hasil Personal test berikut ini:


*Result Personal test.

-Cpu Performance test.

-SuperPI.

-SuperPI chart performance.


-Intel burn test.

-Intel burn test chart performance.


-Excel 2010.

-Excel 2010 chart performance.


-WinRar.

-WinRar chart performance.

Seperti dijelaskan sebelumnya memang peningkatan kinerja aplikasi/software keseharian dengan Factor Speed system/Cpu Grade (Processor dan memory) akan lebih jauh terlihat kinerja yang dihasilkan pada saat melakukan process Safety OverCloking terhadap processor Intel Core I7 5930K yang dipergunakan untuk Personal test motherboard Msi X99A RAIDER ini.

Aplikasi/software pengujian di sesi Cpu performance test ini sekiranya dapat memperlihatkan bagaimana cukup berpengaruhnya kecepatan Speed System (Processor + memory) dalam menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik jika dibandingkan kecepatan lainnya / lebih rendah.


-FutureMark test.

-3DMark11 (P-Direct X11).

-3DMark11 (P-Direct X11) chart performance.


-3DMark Time Spy (Direct X12).

-3DMark Time Spy (Direct X12) chart performance.


-Unigine Heaven 4.0 (Direct X11).

-Unigine Heaven 4.0 (Direct X11) chart performance.


-PCMark7.

-PCMark7 chart performance.

Tidak berbeda dengan sesi Cpu performance test,untuk sesi FutureMark test ini pun untuk kinerja Processor ( Cpu/Physics) pun dapat terlihat jauh lebih baik pada saat berjalan dalam mode Safety OverClocking jika dibandingkan kinerja Default processor Intel Core I7 5930K dimotherboard Msi X99A RAIDER Personal test ini.

Selain pengujian factor Speed System /Cpu Grade juga ada unsur pengujian kinerja factor Graphics/Gpu Grade disesi Futuremark test ini.
Meskipun secara angka/nilai untuk kinerja factor Graphics/Gpu grade tersebut ada perbedaanya,namun perbedaan nilai tersebut tidaklah 'Signifikan' sehingga untuk Bar/garis chart performancenya pun tidak terlalu besar perbedaan yang ada.

Walaupun untuk factor Graphics/Gpu grade disesi Futuremark test ini tidak terlihat perbedaan yang cukup Signifikan namun untuk Nilai/Score Total dari tiap pengujiannya dapat ikut terlihat perbedaan yang jauh lebih baik pada saat berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi (safety Overclocking/4,6GHz) dibandingkan kecepatan Default nya (3,5GHz).


-Simulasi Rendering test.  


-Cinebench R1.5.

-Cinebench R11.5 chart Performance.



-PovRay.

-PovRay chart Performance.

Meskipun hanya menggunakan dua (2) buah aplikasi/software (Cinebench dan Povray) simulasi Rendering test namun kinerja keduanya dapat mewakili aplikasi/software rendering lainnya.
Memang untuk kedua aplikasi/software simulasi rendering test ini akan sangat ikut dipengaruhi oleh factor Speed System/Cpu Grade,sehingga dengan kecepatan yang jauh lebih baik pada saat berjalan dalam mode Safety OverClocking akan meningkatkan kinerja yang dihasilkan.

Walaupun pada OpenGL rendering di Cinebench test lebih banyak dipengaruhi oleh factor Graphics/Gpu Grade namun factor kecepatan System (Cpu dan memory) juga ikut meningkatkan kinerja yang dihasilkan diOpenGL rendering tersebut.


-Game test.

-Lost Planet 2 (Direct X11).

-Lost Planet 2 (Direct X11) chart performance.


-Resident Evil6.

-Resident Evil6 chart performance.


-StreetFighter X Tekken.

-StreetFighter X Tekken chart performance.

Untuk sesi Game test (tahun 2017) ini memang meskipun bukan aplikasi/software Game sintetis test terbaru,namun game Lost Planet 2 (direct X 11) ini saya masukan sebagai testbed game test mewakili game dengan factor Graphics /Gpu grade.
Meskipun pada chart performance yang saya tampilkan diatas untuk hasil pengujian Game Lost Planet 2 (direct X11) terdapat perbedaan antara Default Vs Safety OverClock (@4,6GHz) mode,namun perbedaan tersebut tidak lah signifikan/mencolok dikarenakan game Lost Planet 2 (direct X11) memang sangat dipengaruhi oleh factor Graphics controller/Gpu grade dalam 'System ' yang sama meskipun berjalan dalam 'Speed system' yang berbeda.

Berbeda dengan hasil test game Lost Planet 2 (durect X 11),untuk hasil test Game Resident Evil6 dan game StreetFighter X Tekken memang ikut terpengaruhi oleh perbedaan kecepatan processor yang digunakan.
Dengan peningkatan Speed pada mode Safety overclock (4,6Ghz) ikut pula mempengaruhi tingkat 'Fps' dalam bermain game StreetFighter X tekken,sedangkan nilai/Score yang dihasilkan pada pengujian game Resident Evil6 jauh lebih besar dibandingkan jika hanya berjalan dalam kecepatan DefaUlt (3,5Ghz) processor Intel Haswell-E 2011-3 Core I7 5930k di motherboard Msi X99A RAIDER.


*Summary Personal test.

Secara umum memang peningkatan performance/kinerja beberapa aplikasi/software dengan factor Speed System/Cpu Grade akan sangat ikut terpengaruh oleh peningkatan Speed system tersebut.
Beberapa sesi test terutamanya pada sesi 'Cpu performance test' memang terlihat peningkatan kinerjanya pada saat berjalan dalam mode Safety OverClock (4,6GHz) untuk kecepatan processor Intel Core I7 6700K dimotherboard Msi X99A RAIDER dibandingkan pada saat berjalan dalam kecepatan Default (3,5GHz) nya.

Meskipun hanya kinerja dengan factor Speed System/Cpu Grade nya saja yang terlihat mengalami peningkatan yang cukup signifikan/mencolok pada saat berjalan dalam mode Safety Overclock (4,6Ghz) namun untuk Total kinerja keseluruhan (Score) yang dihasilkan pun akan menjadi lebih baik seperti terlihat dibeberapa sesi test Futuremark (3dm11,3dm tome spy,pcmark7) diPersonal test motherboard Msi X99A RAIDER ini.

Secara keseluruhan disesi test simulasi Render baik untuk Povray maupun Cinebecnh memang terjadi peningkatan kinerja yang dihasilkan,terutamanya untuk OpenGL render diCinebench test.
Selain memang utamanya dipengaruhi oleh penggunaan Graphics controller/Gpu grade,OpenGL rendering inipun ikut dipengaruhi oleh kecepatan Speed Sytem   (Processor dan memory) yang digunakan.

Mode Safety Overclock dengan kecepatan 4,6GHz ini memang bukanlah performance/kinerja dari kemampuan maksimal terutamanya motherboard Msi X99A RAIDER dan processor Intel haswell-E socket lga 2011-3 Core I7 5930K yang saya pergunakan pada Personal test kali ini.
Namun dengan beberapa keterbatasan Periperal lainnya yang saya pergunakan seperti Power Supply units dan memory,sehingga 'cukup' kiranya mode Safety Overclock (4,6GHz) tersebut dapat dipergunakan untuk penggunaan sehari-hari (Daily).

Selain penggunaan memory  dan Power Supply units yang 'Se-adanya' penggunaan Cooling Cpu Fan pun cukup menjadi perhatian saya pada saat melakukan process mode Safety OverClocking tersebut.
Dan berikut ini perbandingan hasil pengecheckan temperature /suhu processor Core I7 5930K yang saya pergunakan dalam dua (2) mode kecepatan yang berbeda dimotherboard Msi X99A Raider.

-Cpu Temperature.

-Cpu Temperature chart performance.

Sama halnya dengan beberapa periode Personal test sebelumnya,untuk pengecheckan temperature/suhu processor yang terpasang pada tia-tiap Personal test yang dilakukan ,saya menggunakan menu 'Sensor' dari software Aida64.

Peningkatan 'Panas' diProcessor Intel Core I7 5930K pada saat berjalan dalam mode Safety OverClock (4,6GHz) memang cukup ter-lihat jauh lebih panas dibandingkan pada saat hanya berjalan dalam kecepatan Default (3,5GHz) nya saja.
Meskipun suhu/temperature processor Core I7 5930K jauh lebih 'Panas' pada saat berjalan dalam mode Safety OverClock (4,6GHz),namun keseluruhan sesi Personal test yang saya buat dapat berjalan dengan 'Baik dan Lancar',tentu saja dengan penggunaan Cooling Fan Cpu (pendinggin processor) yang lebih baik akan dapat menurukan Panas yang ditimbulkan.

Dan sebagai akhir sharing Personal test kali ini saya tampilkan hasil test kinerja harddisk Sata 2,5inch WDC5000PLX 500GB masih dalam Periperal minimum untuk 'Storage' diPersonal test ini .

-AS SSD.

-AS SSD chart performance.

Thanks For Attention.

Nice to Share.

Note:
-Download & Save this Personal test.
...
...........................

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname