Wednesday 1 March 2017

(IGP test) Motherboard Msi B250M MORTAR.

*Mukadimmah.

Pada Parade awal Personal test motherboard Msi Intel chipset Kabylake tahun (2017) ini memang saya menggunakan Graphics card Msi R9 270X MINI-ITX GAMING sebagai graphics controllernya,namun untuk Personal test kali ini saya menggunakan Integrated graphics IntelHD yang tertanam di Processor Intel socket Lg1151 yang terpasang dimotherboard Msi B250M MORTAR.

Meskipun untuk penggunaan Integrated graphics IntelHD (onboard Vga) sudah saya lakukan pada Personal test sebelumnya yaitu motherboard Intel chipset Skylake ( Msi B150M GRENADE ),namun untuk motherboard Intel chipset Kabylake dengan menggunakan Onboard Vga tersebut dilakukan dimotherboard Msi B250M MORTAR ini.

Sebelum berlanjut dengan sharing kinerja hasil Personal test motherboard Msi B250M MORTAR dengan menggunakan Integrated graphics IntelHD nya,tentunya saya awali Personal test kali ini dengan bentuk phisik serta specifikasi dari motherboard Msi chipset Intel kabylake B250 tersebut.


*About motherboard Msi B250M MORTAR.

-Look Closer.

-Packaging.

-Specifikasi.

   Personal test note : 
-The specification and accessories of the products are subject to irregular update. Please refer to the actual articles and accessories or consult the local distributors. Manufactures reserves the right to change.
-The name and trademark mentioned in product specification belong to their respective owners.


*Rig Minimum Personal test.

Untuk penggunaan periperal/komponen pendukung Personal test motherboard Msi B250M MORTAR ini tentunya berbeda dengan beberapa Personal test motherboard Msi chipset Intel Kabylake diawal tahun (2017) ini,perbedaan tersebut terletak dari penggunaan graphics controllernya dimana untuk Personal test kali ini saya hanya menggunakan onboard Vga (integrated graphics ) IntelHD saja.

Dan berikut ini beberapa komponen yang saya pergunakan untuk Personal test motherboard Msi B250M MORTAR kali ini,diantaranya:

Rig Minimum Personal test:
-Motherboard Msi B250M MORTAR.
--Uefi / Bios versi E7A69IMS.210 ,date : 02/06/2017.
-Processor Intel Socket Lga 1151.

-- Core I7 7700 @Default Speed 3,6GHz.
-- Core I5 6600K @Default Speed 3,5GHz.
--Intel Thermal Pasta.
--3rd Party Cooling fan Processor.
--Dual Fan 4,5"inch.

-Graphics Controller.
--IntelHD630 (integrated on processor Intel Kabylake Core I7 7700) .
--IntelHD530 (integrated on processor Intel Skylake Core I5 6600K). 

-Memory DDR4 Panram Ninja-V Series x 2Pcs.
--PC4 17000 4GB 1,2V.
--Time CL 13-13-13 35.

-Harddisk Sata 3,5"inch WDC WD20EZRZ 2TB.
--AHCI Sata Controller.
--Windows 10 Pro 64bit.
-Monitor Led 19"Inch.
--Resolusi desktop & test 1366 x 768.
--Digital Signal monitor via HDMI port.
-Power Supply Units 450Watts.
-Etc.



Terlihat dari Penggunaan Komponen/Periperal Rig Minimum Personal test kali ini terutamanya untuk processor saya menggunakan dua (2) buah processor Intel Socket Lga1151 yang berbeda,dan tentu saja dengan Integrated Graphics Processing (onboard Vga) yang berbeda pula.

Dan seperti dijelaskan diawal sharing Personal test ini untuk mode konfigurasi yang dilakukan pada Personal test motherboard Msi B250 MORTAR ini memang sama seperti yang saya lakukan terhadap motherboarad Msi chipset Intel Skylake ( Msi B150M GRENADE) yang sharing Personal testnya saya buat terpisah dari Sharing ini.

Dan berikut ini list penggunaan kedua (2) processor Intel socket Lga 1151 di Personal test motherboard Msi B250M MORTAR kali ini.

-Cpu List performance.

Baik Processor Intel Kabylake Core I7 7700 maupun processor Intel Skylake Core I5 6600K yang terpasang dimotherboard Msi B250M MORTAR ini berjalan hanya dalam kecepatan (mode konfigurasi ) Defaultnya saja,meskipun untuk processor Intel Skylake Core I5 6600K adalah series processor yang dapat ditingkatkan kecepatannya dalam mode konfigurasi Safety OverClock namun dengan penggunaan chipset Intel B250 untuk mode konfigurasi tersebut tidak dapat saya lakukan.

-Cpu.z Intel Skylake Core I5 6600K.
Valid:http://valid.x86.fr/s49pf6

-Cpuz. Intel Kabylake Core I7 7700.
Valid:http://valid.x86.fr/ktc4pf


*Uefi/Bios Menu.

Dengan menggunakan bios versi E7A69IMS.210 date 02/06/2017,berikut ini beberapa setup menu bios untuk Personal test motherboard Msi B250 MORTAR

-Share memory menu bios.

Baik Integrated graphics IntelHD530 ataupun IntelHD630 dimasing-masing processor yang saya pergunakan sebagai graphics controller diPersonal test motherboard Msi B250M MORTAR ini memang menggunakan sebagian 'Memory' dari memory utama yang terpasang slot memory nya.
Besaran memory yang dapat di'Bagi' melalui menu bios "Integrated Graphics Share Memory' motherboard Msi B250M MORTAR tersebut adalah 1024MB (1GB).

-Sata Controller menu bios.

Penggunaan Chipset Intel kabylake B250 ini memang hanya meng-akomodir dukungan untuk Sata controller dalam format AHCI,sehingga jika ingin melakukan mode "'Raid' konfigurasi untuk beberapa storage/harddisk nya  motherboard Msi B250M MORTAR ini tentu saja tidak dapat dilakukan.

-Usb Controller menu bios.

Baik motherboard Msi B250M MORTAR ini pun sama seperti motherboard-motherboard Intel chipset Kabylake ataupun Skylake series lainnya,dimana untuk dukungan Usb controllernya hanya 'XHCI' saja,sehingga untuk dukungan operating system terutamanya dari microsoft akan lebih mudah jika menggunakan Windows 8.x series ataupun Windows 10 series.
Meskipun demikian untuk dukungan operating system sebelumnya ,khususnya untuk Windows 7 series masih diberikan dukungan berupa driver-driver komponen yang terpasang dimotherboardd chipset Intel B250 tersebut.

-Windows Os configuration menu bios.

-Uefi boot option menu bios.

Penggunaan Windows 10 PRO 64bit diawal tahun (2017) ini memang saya pergunakan 'Uefi ' sebagai boot option nya.
Baik process installasi maupun penggunaannya memang 'Uefi' boot tersebut saya pergunakan sebagai salah satu standar Personal test dengan Windows 10 PRO 64bit tersebut.
Untuk menggunakan 'Uefi boot' option memang saya mengganti pilihan untuk 'Windows 8.1/10 WHQL Support menjadi 'Enabled' yang sebelumnya (defaultnya) adalah 'Disabled'.
 Dan jika pilihan 'Windows 8.1/10 WHQL Support itu adalah 'Disabled' (default) maka boot option yang tersedia selain 'Uefi boot' tentu saja 'Legacy boot'.

-Main menu bios.

Secara keseluruhan menu bios yang terdapat dimotherboard Msi B250M MORTAR ini memang sama seperti dengan menu bios motherboard Msi chipset Intel Kabylake lainnya di awal tahun (2017) ini,untuk motherboard Msi B250M MORTAR ini pun tersedia dalam dua (2) pilihan tampilan menu biosnya yaitu 'EZ Mode' dan 'Advanced'.


*Performance Personal test.

Meskipun menggunakan onboard Vga (integrated graphics) IntelHD sebagai graphics controller namun untuk pengujiannya saya menggunakan standard Personal test yang sama dengan beberapa pengujian Personal test motherboard Msi chipset Intel Kabylake diawal tahun (2017) ini yang menggunakan graphics cards Msi R9 270X MINI-ITX GAMING sebagai graphics controllernya.

Berikut ini beberapa pengujian dalam beberapa sesi test yang saya buat.

-Cpu Performance test.
---SuperPI,Intel burn test,Winrar,Excel 2010,Aida64 Memory Benchmark.
-FutureMark test.
---3Dmark11,3Dmark Time Spy,Pcmark7,Unigine Heaven.
-Rendering simulasi test.
---Cinebench,Povray.
-Game test.
---Lost Planet2,Resident Evil6,Street X tekken.


Dan saya awali sharing performance Personal test motherboard Msi B250M MORTAR ini dengan sesi Cpu performance.

-Cpu Performance test.

-SuperPI (32M).

-SuperPI chart performance.


-Intel Burning test.

-Intel burn test chart performance.


-WinRar (1024MB).

-WinRar chart performance.


-Excel 2010.

-Excel chart performance.


-Aida64 Memory Benchmark.

-Aida64 memory benchmark chart performance.

Di sesi Cpu performance test ini memang beberapa aplikasi/software yang berjalan akan sangat dipengaruhi oleh factor penggunaan processor nya (CpuGrade).
Baik kecepatan maupun banyaknya jumlah Core/Threads yang terpasang diprocessor tersebut akan sangat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan.
Dan seperti terlihat pada beberapa chart performance test diatas memang untuk kinerja processor Intel Kabylake Core I7 7700 yang terpasang dimotherboard Msi B250M MORTAR jauh lebih baik jika dibandingkan dengan processor Intel Skylake Core I5 6600K dengan socket processor lga1151 yang sama.

Tentu meskipun kedua (2) processor yang saya gunakan bukanlah perbandingan dalam 'Level' yang  sama namun perbandingan tersebut hanya gambaran dari kinerja yang berbeda dari kedua (2) processor berbeda yang akan dipergunakan dimotherboard Msi B250M MORTAR nantinya dalam membangun suatu system komputer/PC baru.


-FutureMark test.

-3DMark11 (direct X11).

-3DMark11 chart performance.


-3DMark Time Spy (direct X12).

-3DMark Time Spy chart performance.


-PCMark7.

-PCMark7 chart performance.


-Unigine Heaven Benchmark V.4.0.

-Unigine Heaven chart performance.

DiFuturemark sesi test ini selain pengujian dengan factor processor/Cpu Grade juga dilakukan pengujian dengan kinerja factor Graphics/Gpu Grade.
Seperti halnya dihasil pengujian Cpu performance test untuk kinerja Cpu/Physic pun untuk processor dengan kecepatan dan jumlah Core/Threads yang lebih tinggi/banyak seperti pada processor Intel Kabylake Core I7 7700 yang saya pergunakan pada Personal test motherboard Msi B250M MORTAR akan jauh lebih baik jika dibandingkan processor Intel Skylake Core I5 6600K dengan kecepatan dan jumlah Core/threads lebih rendah/sedikit.

Dengan kecepatan dan jumlah core/threads yang jauh lebih banyak diprocessor Intel Kabylake Core I7 7700 ternyata berpengaruh juga terhadap kinerja IntelHD630 yang ter-integrasi didalamnya.
Dimana untuk kinerja IntelHD630 pun sudah jauh lebih baik kinerja yang dihasilkan jika dibandingkan kinerja dari IntelHD530 yang ter-integrasi diprocessor Intel Skylake Core I5 6600K.

Kinerja dengan Factor processor /Cpu Grade dan kinerja dengan factor Graphics/Gpu Grade sangat ikut mempengaruhi kinerja keseluruhan yang dihasilkan (total score ) disesi FutureMark test ini,dimana untuk kinerja processor Intel Kabylake Core I7 7700 akan jauh lebih jika dibandingkan kinerja processor Intel Skylake Core I5 6600K dimotherboard Msi B250M MORTAR tersebut.


-Simulation Rendering test.

-Cinebench R11.5

-Cinebench chart performance.


-PovRay V.3.7

-PovRay chart performance.

Meskipun menggunakan IntelHD sebagai Graphics controllernya namun kinerja dalam Rendering test tidak mempengaruhi kinerja yang dihasilkan terutama dengan aplikasi/software Rendering dengan factor processor/Cpu Grade seperti Povray dan Cinebench Cpu render.
Sedangkan jika menjalankan aplikasi/software Rendering dengan factor graphics controller/Gpu Grade seperti Cinebnch OpenGL rendering tentunya penggunaan IntelHD baik IntelHD530 ataupun IntelHD630 memang bukan pilihan terbaik.
Dibeberapa sharing Personal test parade motherboard Msi Intel Kabylake diawal tahun (2017) ini memperlihatkan kinerja yang jauh lebih baik jika menggunakan graphics card seperti graphics card Msi R9 270X MINI-ITX GAMING sebagai graphics controller pada sesi Cinebench -OpenGL render.


-Game test.

-Lost Planet2 (direct x11).

-Lost Planet 2 chart performance.


-Resident Evil6.

-Resident Evil6 chart performance.


-StreetFighter X tekken.

-StreetFighter X Tekken chart performance.

Secara keseluruhan sesi Game test memang akan sangat dipengaruhi dari penggunaan Graphics controller yang terpasang di masing-masing motherboard Parade Personal test diawal tahun (2017) ini.
Meskipun demikian untuk factor processor terutamanya kecepatan yang digunakan akan ikut pula mempengaruhi kinerja yang dihasilkan dalam bermain dengan beberapa Game pada Personal test ini,dimana untuk kinerja graphics controller IntelHD630 diprocessor Kabylake Core I7 7700 memang jauh lebih baik dibandingkan kinerja graphics controller IntelHD530 yang ter-integrasi diprocessor Intel Skylake Core I5 6600K pada Personal test motherboard Msi B250M MORTAR ini.

Baik IntelHD630 ataupun IntelHD530 memang menjadi pilihan ekonomis dalam penggunaan graphics controller terutamanya dalam bermain game seperti beberapa game Personal test,untuk kedua onboard Vga (Integrated graphics processor) sendiri sudah mendukung aplikasi/software dengan interface API direct X12.


*Summary Personal test.

Baik penggunaan IntelHD yang ter-integrasi didalam processor Intel Kabylake ataupun Intel Skylake series ataupun penggunaan Graphics card tambahan dislot Pci E x16 motherboard Msi B250M MORTAR sebagai Graphics controllernya akan kembali disesuaikan dengan penggunaan aplikasi/software yang akan dijalankannya.

Pada sesi Cpu performance memang terlihat penggunaan IntelHD sebagai graphics controllernya tidak mempengaruhi kinerja yang dihasilkan terutama jika melihat beberapa kinerja dalam sesi Cpu performance dari Personal test motherboard Msi Intel Kabylake series lainnya meskipun menggunakan graphics card tambahan (Msi R9 270X MINI-ITX GAMING) sebagai graphics controllernya.

Penggunaan Graphics Card seperti graphics card Msi R9 270X MINI-ITX GAMING pada motherboard Msi B250M MORTAR ini memang akan terlihat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan terutama untuk aplikasi-aplikasi/software dengan factor graphics controller atau Gpu Grade seperti disesi Futuremark dan Game test juga Cinebench-OpenGL render.

Penggunaan processor Intel 'K' series seperti processor Intel Skylake Core I5 6600K yang mendukung peningkatan speed processor memalui mode konfigurasi 'OverClocking /OC' memang sangat disayangkan tidak dapat dilakukan dimotherboard Msi B250M MORTAR yang menggunakan chipset Intel B250 ini.
Meski demikian baik processor Intel 'K' series ataupun 'Non K' series seperti processor Intel Kabylake Core I7 7700 dimotherboard Msi B250M MORTAR ini dapat melakukan 'Penyesuaian' speed/frequensi dari memory yang terpasang dimotherboard Msi chipset Intel B250 tersebut melalui menu bios 'OC'.

-OC menu bios.


Secara keseluruhan dari hasil kinerja yang diperoleh pada Personal test motherboard Msi B250M MORTAR ini memang terlihat dari beberapa perbedaan specfikasi dari penggunaan processor yang terpasang disocket processor Intel Lgaa1151 motherboard tersebut seperti kecepatan dan jumlah core/threads yang terpasang juga penggunaan Integrated IntelHd yang berbeda.
Secara singkat kinerja yang dihasilkan memang bisa terwakili oleh pengujian 'Windows Rate' untuk masing-masing komponen/periperal yang terpasang seperti hasil pengujian 'Windows Rate' dengan menggunakan software ChristPC Win Expreience Index.

-Windows Rate.

-Windows rate chart performance.

Terlihat untuk kinerja masing-masing komponen seperti Processor dan Graphics memiliki kinerja yang berbeda dari masing-masing processor yang digunakan,sedangkan untuk kinerja memory meskipun menggunakan Memory yang sama yaitu memory DDR4 PANRAM Ninja-V series 4GB x2 dilsot memory motherboard Msi B250M MORTAR namun dikarenakan untuk 'Kerja' memory tersebut terkontrol langsung oleh processor yang terpasang maka kinerjanya pun akan menggikuti kinerja dari Processor yang digunakannya tersebut.

Untuk kinerja storage yang terpasang diport Sata3.0 6GB/s motherboard B250M MORTAR memang memiliki kinerja /windows rate yang sama meskipun menggunakan dua (2) buah processor yang berbeda.
Untuk awal Personal test ditahun (2017) ini memang saya masih menggunakan storage type  'Harddisk' diport sata3.0 6GB/s motrherboard Msi B250 MORTAR meskipun dengan ukuran dan kapasitas yang berbeda dengan beberapa Personal test ditahun (2016) sebelumnya.

Untuk Personal motherboard Msi B250M MORTAR ini pun saya mengunakan harddisk sata 3,5"inch WDC WD20EZRZ 2TB.
Memang untuk kinerja harddisk Sata 3,5"inch WDC WD20EZRZ 2TB sendiri bukanlah storage terbaik yang mampu memaksimalkan kinerja dari port Sata3.0 6GB/s motherboard Msi B250M MORTAR.

-AS SSD.

-AS SSD chart performance.

Meskipun bukanlah terbaik yang saya punya namun kinerja harddisk sata 3,5"Inch WDC WD20EZRZ 2TB sudah lebih baik dalam process baca/tulis (read/write) nya terutama jika dibandingkan penggunaan storage Sata 2,5"inch WDC WD5000LPVX 500GB sebagai testbed storage minimum Personal test tahun (2016) sebelumnya.

Selain berpengaruhi pada kecepatan baca/tulis (read/write) nya,penggunaan Storage juga berpengaruh pada lamanya waktu process loading/booting Operating system yang digunakan,tentu saja untuk kecepatan processor yang digunakan pun akan ikut mempengaruhi lamanya waktu process loading/booting operating system tersebut.

-BootRacer.

-BootRacer chart performance.

Dan sebagai akhir dari sharing Personal test motherboard Msi B250M MORTAR ini tentunya tidak lupa saya tampilkan hasil penge-checkan suhu/temperature dari kedua (2) processor yang saya pergunakan pada Personal test kali ini.


-Cpu Temparature check.

-Cpu Temperature chart performance.

Sebagai simulasi processor berjalan penuh /fullLoad saya menggunakan software Intel Burning test,dimana untuk kinerja kedua(2) processor tersebut tidak terpangaruh oleh panas yang ditimbulkan pada saat process pengujian Intel burn test ataupun pengujian lainnya.
Tentunya penggunaan system pendingin ataupun alur pendinginan udara yang jauh lebih baik akan memperlambat kerusakan yang ditimbulkan oleh Panas pada tiap-tiap process kerja/pengujiannya.


Thanks for Attention.

Nice to Share.


Note:
-Download & Save this Personal test.
....

..................

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname